PKS Menang di Pancoran dan Suaranya Meningkat dari PEMILU Sebelumnya

Pada pemilu tahun 2004, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memenangkan pemilu legislatif di kecamatan Pancoran. PKS memperoleh 32,42 persen dari total suara DPR-RI dan 31.70 persen untuk suara DPRD se-wilayah Pancoran. Lima urutan partai pemenang pemilu 2004 di kecamatan Pancoran adalah PKS, Demokrat, PPP, PDIP, dan GOLKAR.

Kemenangan PKS ini merata di 6 kelurahan yang ada di kecamatan Pancoran serta 1 TPS khusus. Persentase tertinggi ada di kelurahan Pancoran 35,05 persen kemudian disusul oleh Kalibata 33.23 persen, lalu Durentiga 32.50 persen, Pengadegan 31.89 persen, Rawajati 30.67 persen dan terakhir Cikoko 27.73 persen.

Persentase kemenangan PKS 2004 ini naik ketika Pilkada Gubernur DKI 2007. Pasangan Adang – Dhani yang hanya di dukung PKS mendapatkan 39.19 persen di kecamatan Pancoran, walaupun belum bisa mengalahkan pasang Fauzi – Prijanto yang didukung koalisi 20 parpol yang mencapai 60.81 persen. Meskipun suara pasangan Adang – Dhani kalah di wilayah Pancoran saat itu, namun kalau di lihat lebih jauh maka dapat diartikan bahwa suara PKS juga meningkat peningkatan suara PKS di wilayah Pancoran.

Kelurahan Pancoran memang  selalu menyumbang jumlah persentasi terbesar untuk suara PKS di wilayah kecamatan Pancoran. Pada pemilu 2009 persentasi suara PKS di kelurahan Pancoran adalah  20,5 %, tertinggi sekecamatan Pancoran. Kemudian pada pilkada 2012 suara  Hidayat – Didik di kelurahan Pancoran juga memperoleh persentasi tertinggi sekecamatan Pancoran dan juga tertinggi seJakarta, yaitu 18,6%. 

Untuk pemilu 2014, PKS kelurahan Pancoran ternyata juga masih konsisten menempati perolehan  persentasi tertinggi sekecamatan Pancoran, yakni 21,79 %.  Artinya ada peningkatan signifikan jumlah pemilih PKS di kelurahan Pancoran, baik jika dibandingkan dengan suara PKS di pemilu 2009 maupun pilkada 2012. Peningkatan suara PKS di kelurahan Pancoran adalah sekitar 30 persen dibanding suara PKS di pemilu 2009.     

Yang lebih menarik lagi, tidak ada penjomplangan antara suara PKS untuk DPR RI dan DPRDnya. Dengan kata lain warga kelurahan Pancoran mantab memilih PKS untuk DPR RI maupun DPRD nya. Sementara di beberapa wilayah lain, untuk DPR RI mereka memilih PKS sementara DPRD nya untuk partai yang lain, dan itu tidak terjadi untuk pemilih PKS di kelurahan Pancoran. 

Alhamdulillah, inilah wujud keberkahan yang diberikan Allah SWT kepada PKS DPRa Pancoran khususnya, dan warga Pancoran pada umumnya. Di saat setahun prahara menimpa dan menghantam perahu PKS ini dari segala penjuru, perolehan suara PKS di kelurahan Pancoran bukan menurun, eh … justru malah bertambah 30 persen.  Terima kasih kader, simpatisan, dan juga warga Pancoran yang telah mempercayakan suaranya kepada PKS.