Posyandu Lansia : Persembahan Kaum Muda PKS Durentiga


Tidak hanya balita saja yang membutuhkan Posyandu, tetapi para lansia juga membutuhkannya. Seperti yang terjadi di RT01 RW01 Kelurahan Durentiga, Pancoran Jakarta Selatan, Minggu kemarin (12/1) telah memiliki Posyandu yang dikhususkan untuk kaum lanjut usia (lansia).

Posyandu ini didirikan sebagai bentuk perhatian terhadap para lansia. Posyandu lansia ini bukan yang pertama kalinya di Kecamatan Pancoran, sebelumnya sudah juga diresmikan di kelurahan Pengadegan dan juga Kalibata. 

Tokoh muda Pancoran yang sekaligus caleg DPRD DKI Jakarta dari PKS, Bang Prima Kumara kali ini didaulat untuk meresmikan Posyandu Lansia Durentiga ini. Tokoh yang kerap disapa BePe ini mengatakan bahwa,”Peresmian Posyandu Lansia ini merupakan bagian dari upaya kita yang masih muda untuk mengingat arti berbakti kepada orangtua kita yang susah payah membesarkan kita. Sehingga sudah semestinya kita harus rawat mereka dengan baik.”  

Sementara Bang Santo, ketua ranting PKS Durentiga mengatakan, “Posyandu lansia memang penting sebagai sarana untuk mendeteksi dini penyakit pada lansia. Selain menangani gangguan kesehatan, pengecekan dini itu juga dilakukan untuk mengupayakan penanganan cepat apabila membutuhkan perawatan lebih.”

Dalam launching tersebut, terlihat puluhan ibu - ibu lansia duduk rapi mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Bang Prima Kumara. “Senang sekali, di sini sudah ada yang buat periksa jadi tidak usah jalan jauh, terima kasih mbak-mbak PKS,” ujar salah seorang lansia.
Sebagai awal, tercatat tak kurang dari 60 lansia anggota posyandu lansia RW01 ini. Sementara layanan dasar yang saat ini ada adalah timbang berat badan, tinggi badan, mengecek tensi darah, hingga diberikan obat yang dibutuhkan sesuai kondisi kesehatan.