PKS Tunjukkan Kesungguhan Bantu Tangani Korban Banjir

Untuk persoalan penanganan korban banjir DKI,  PKS sudah melakukan langkah-langkah membantu Pemprov dalam menangani korban banjir. PKS sudah menunjukkan kesungguhannya membantu menangani korban banjir. Langsung turun ke lapangan, bukan hanya sekedar melakukan keramaian pencitraan di media. Tentu saja, langkah PKS ini harus didukung oleh langkah kolektif bersama, bergotong-royong menghadapi banjir.

PKS konsisten, memfokuskan perhatiannya melayani korban bencana banjir di Jakarta. Bukan hanya banjir kali ini saja, tetapi setiap ada banjir di Jakarta, PKS selalu hadir bersama warga masyarakat untuk meringankan beban para pengungsi dan korban banjir. Hal ini diakui oleh sebagian besar warga Jakarta.   

Di kecamatan Pancoran, PKS DPC Pancoran membuka dua posko di kelurahan Rawajati dan Pengadegan, sementara empat kelurahan yang lain DPC PKS Pancoran hanya mengaktifkan sekretariat ranting atau rumah koordinator RW atau RT. Wilayah Rawajati dan Pengadegan memang biasa mengalami dampak banjir terparah karena memang langsung dilalui aliran sungai Ciliwung.

Aktivitas kader – kader PKS Pancoran sudah dimulai terlihat minggu malam (12/1). Kader PKS ranting Rawajati sudah menyiapkan makan malam untuk warga yang mengungsi malam itu karena rumahnya kebanjiran. Besoknya, Senin (13/1) kader – kader Pengadegan juga sudah mendirikan Posko Banjir. Posko Banjir PKS, letaknya sangat strategis dekat dengan lokasi korban banjir, ini sangat memudahkan para warga korban banjir untuk mengaksesnya. Posko Banjir PKS Rawajati terletak di RW07 dekat dengan sungai Ciliwung dan kolong jembatan Rawajati Kalibata. Sementara Posko Banjir Pengadegan letaknya dekat dengan daerah lobang RW01 Pengadegan.

Apa saja aktivitas yang di lakukan di Posko Banjir PKS, diantaranya adalah menyediakan sarapan pagi, siang dan malam termasuk juga menyediakan teh dan kopi hangat bagi para pengungsi. Mengatur distribusi sumbangan yang diterima dari para donatur untuk para korban banjir. Sumbangan dari para dermawan ada yang berbentuk uang ada juga yang berbentuk barang. Yang berbentuk barang diantaranya adalah nasi kotak, biscuit, obat – obatan, selimut, pampers, makanan bayi, pembalut dan yang lainnya. Selain barang, banyak juga sumbangan uang yang mengalir melalui nomor rekening banjir yang sudah disiapkan, sampai saat ini sumbangan yang masuk lewat nomor rekening sudah mencapai 5 jutaan.

Selasa kemarin (14/1), PKS DPC Pancoran mengadakan kerja bakti masal antara kader – kader PKS dan warga. Lokasinya adalah di jalan binawarga RW07 Rawajati, yaitu salah satu lokasi terparah yang ada di kelurahan RW07 Rawajati. Kader - kader kepanduan bersama warga membantu membersihkan lumpur banjir di rumah - rumah, di masjid dan juga membersihkan saluran – saluran air. PKS DPC Pancoran juga membagikan peralatan pembersih lumpur seperti serok, sekop, alat pel, sikat serta obat pembersih lantai kepada warga korban banjir. Kegiatan ini berlangsung seharian dari pagi hingga sore hari, warga sangat antusias bergotong – royong dengan para kader PKS membersihkan lingkungannya dari lumpur banjir ciliwung.

Satu kalimat dari kami di PKS, “Apapun Yang Terjadi Ku Tetap Melayani (AYTKTM).”