Janganlah Ekspektasimu Berlebihan !



Ekspektasi atau harapan adalah hal yang fitrah di miliki manusia. Ekspektasi merupakan hal yang positif, motivasi untuk menggerakan tindakan mewujudkan harapan-harapan itu. Ekspektasi juga bersifat mengikat, mengikat mental dan jiwa seseorang.

Jika ekspektasi terpenuhi dan tercapai maka keadaan jiwa akan sangat bahagia. Tapi apa yang terjadi bila ekspektasi itu tidak terpenuhi? Jika tidak tercapai maka semua akan terasa kacau dan seakan-akan dunia hancur, ini jadi semacam “perjudian mental” jika kita berekspektasi berlebihan. 

Jangan lah kita menaruh harapan terlalu besar terhadap seseorang, meskipun kita semua tahu pemberitaanya sangat lah cantik dan pencitraannya sangat sempurna. Kita dan kami tentu rindu Indonesia hebat, tetapi jika harapan itu ditaruh terlalu besar terhadap seseorang, sementara yang lain semua dianggap “musuh”,  bilamana nanti ditengah jalan ternyata tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, pastilah banyak kekecewaan yang muncul. Ekspektasi berlebih juga akan menjadi beban mental untuk seseorang itu sendiri, maka dari itu bersikaplah sewajaranya agar semuanya berjalan dengan sehat dan lancar. Ingat mengelola negara itu adalah kerjasama tim bukan individualitas, maka dari itu jangan selalu berharap pada satu orang saja. Ekspektasi terlalu berlebihan terhadap seseorang juga menjadi salah satu faktor kehancuran.