Masjid Al-Munawar Pancoran Menjadi Proyek Percontohan Sumur Resapan

Kecamatan Pancoran mempelopori pembuatan sumur resapan di Jakarta Selatan bekerjasama dengan swasta melalui tanggungjawab sosial perusahaan (CSR).
 
“Pemanasan global semakin berdampak terhadap lingkungan. Banjir dan ancaman kekeringan menjadi kian rentan dan mengganggu  kualitas hidup masyarakat,” kata Camat Pancoran, Munjirin di sela-sela peresmian pembuatan sumur resapan air oleh Walikota Jaksel, Syamsudin Noor di halaman masjid Al -Munawar, Kelurahan Pancoran, kemarin.

Munjirin menggandeng PT Bintang Rajawali Perkasa (BPR) terkait program CSR melalui pengelolaan lingkungan hidup dengan membuat sumur resapan untuk memperbanyak kantong-kantong air.

Seiring maraknya pembangunan gedung bertingkat membuat lahan terbuka di Pancoran juga makin menipis. Menyisiatinya pembuatan sumur resapan digarap di tingkat masjid yang memiliki halaman memadai.

Di Pancoran memiliki 56 masjid dan masjid Al-Munawar menjadi percontohan dengan pembuatan 137 titik resapan.

Untuk pembuatan sumur resapan lanjut Munjirin, mendapat bimbingan teknis dari Dinas Perindustrian dan Energi dan Badan Penanaman Modal DKI. Adapun pembiayaan pembuatannya akan diupayakan seluruhnya berasal dari perusahaan yang tersebar di Pancoran.

Syamsudin Noor memberi apresiasi kepada Camat Pancoran yang getol merangkul pihak swasta untuk implementasikan CSR dalam kehidupan bermasyarakat.

Ia berharap seluruh camat dan lurah di Jaksel juga dapat mengkampanyekan CSR ini untuk semakin banyak lagi membuat sumur resapan untuk mempertahankan kualitas lingkungan hidup yang dimulai di lingkungan masjid.

Di masjid kerap banyak aktivitas jemaah yang menggunakan air bersih. Agar tidak mubazir, air dapat ditampung di sumur-sumur resapan yang ada.

Direktur PT BPR, Gatot Setadi berpendapat pembuatan sumur resapan sebagai ide kreatif yang bermanfaat mengurangi pembuangan air, sebagai pengendali banjir dan sebagai cadangan air tanah. “Kami senang dan bangga bisa ikut aktif dalam menyelamatkan lingkungan melalui pembuatan sumur resapan demi kelangsungan anak cucu kelak,” katanya.
Sumber : Poskota