PKS Santuni Anak Yatim dan Janda Tua di Gang Potlot Durentiga



Ketua DPRa PKS Kelurahan Durentiga, Santo mengajak segenap lapisan masyarakat agar memanfaatkan momentum tahun baru Islam 1436 H untuk meningkatkan amal sholeh dan meningkatkan kepedulian sosial dengan cara menghormati dan memulyakan para anak yatim dan janda tua. “Ini bukan berarti kita memuliakannya hanya pada bulan Muharram saja, selebihnya kita cuek. Bukankah anak yatim dan para janda tua itu hidup sepanjang tahun, selamanya harus kita bahagiakan mereka. Itu jika ingin di akhirat nanti kita dekat dengan Rasulullah SAW, seperti dekatnya jari telunjuk dan jari tengah, ” ujar Santo. 

Ajakan tersebut disampaikannya saat menghadiri pemberian santunan kepada anak yatim dan para janda tua dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1436 H di wilayah jalan Potlot Durentiga.  Pelaksanaan peringatan hari besar keagamaan akan mampu menumbuhkan semangat kebersamaan dan kerukunan. Semangat untuk memperingati hari – hari besar Islam termasuk tahun baru Islam ternyata masih cukup tinggi. Pada kesempatan itu, sebelum santunan diberikan terlebih dahulu diisi siraman rohani dari Ustadzah Maryani, S.Ag dan Ustadzah Sri Nur. Alhamdulillah ada 42 anak yatim dan janda tua yang mendapatkan santunan.  

Dalam memperingati tahun baru Islam, banyak pihak melakukannya dengan mengadakan acara silaturahim diantara sesama umat muslim,  memuliakanlah anak yatim dengan memberinya santunan, serta menyantuni para janda tua yang miskin. Inilah salah satu bentuk untuk berbagi kasih sayang serta kebahagiaan. Oleh kareananya tidak berlebihan jika 10 Muharram disebut juga yaumul muwasaat (hari yang menyenangkan).

Oleh karenanya pada hari yang menyenangkan itu, alangkah baiknya kita bukan hanya membahagiakan anak yatim dan para janda tua yang kekurangan tetapi juga mampu membahagiakan lingkungan yang terdekat dengan kita yaitu keluarga. Beberapa agenda yang bisa dilakukan misalnya rihlah (rekreasi) bersama keluarga,  tukar hadiah (kado), makan bersama di luar atau mungkin menambah uang belanja untuk istri.