Jalan Kalibata Menuju Rumah Pak Menteri, Sudah Setahun Belum Juga Diperbaiki ?



Ada genangan air di Jalan Kalibata Tengah, kelurahan Kalibata kecamatan Pancoran Jakarta Selatan yang berjarak kurang dari 100 meter dari rumah Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.  Kondisi jalan rusak terjadi di Jalan Kalibata Tengah tersebut ini sudah sekitar setahun. Air yang menggenangi jalan yang merusak aspal berasal dari selokan yang mampet. Padahal Wagub DKI Jakarta  sudah blusukan ke sini 4 bulan lalu, namun tetap saja “engga ngefek”. 

Jalan berlubang-lubang itu menjadi tempat air menggenang. Di sisinya, tampak selokan yang ditutup papan-papan beton cetak, ada yang diangkat penutupnya sehingga tampak permukaan selokan yang menggenang, tidak mengalir. Air selokan itu hitam, tingginya rata dengan permukaan. Di beberapa titik air selokannya merembes ke jalan.  Ada onggokan sampah menumpuk di jalan sisi atas selokan. Kondisi ini menimbulkan bau tidak enak yang menyengat.

Menurut Ketua RW 06 Kompleks POMAD Suharjo, kondisi ini sudah berlangsung setahun. "Kondisi ini sudah sekitar setahun. Waktu itu Wagub DKI sempat datang sekali, 4 bulan lalu. Warga sempat mengadu ke Dinas PU bagian urusan jalan dan saluran air. Wagub sudah datang, PU yang ngurusin jalan juga sudah datang bahkan sampai 4 kali survei," ujar Suharjo.  Menurut informasi yang diterimanya dari Dinas PU, sekarang Dinas PU masih mencari kontraktor untuk membetulkan saluran air. Bila saluran air sudah benar, maka Dinas PU akan mengaspal jalan kembali.

Suharjo meminta Pemprov DKI segera membetulkan saluran air dan jalan sebelum musim hujan. Bila tidak, maka saluran yang mampet akan meluber, tak bisa menampung air, sehingga airnya bisa membanjiri jalan-jalan sekitarnya, utamanya yang terletak lebih rendah dari jalan. Suharjo yakin Pemprov DKI bisa bergerak cepat. Apalagi, jalur itu setiap harinya dilewati Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel. "Kebetulan Pak Rachmat Gobel rumahnya juga di dekat situ. Dan beliau juga tiap hari lewat," tutur Suharjo yang mengatakan rumah Rachmat Gobel sekitar 500 meter dari jalan rusak itu.  "Mungkin dia (Pak Menteri) juga ngerasain, tapi nggak dikeluarin aja. Tiap hari kan pasti lewat situ," kata Ida, warga RT 6 RW 7, yang rumahnya tidak jauh dari kediaman Menteri Perdagangan Rachmat Gobel. 

Sedangkan Hendri, warga yang rumahnya persis di depan jalan rusak itu berharap Wagub DKI mau mendengar. "Saya berharap, mudah-mudahan beliau mau mendengar aspirasi rakyatnya. Rusaknya 4-8 bulan lalu," tuturnya. Sudah ada beberapa pengendara motor yang jatuh, "Beberapa pengendara motor sudah sempat terpeleset tapi untungnya tidak ada korban jiwa," jelas salah seorang warga lainnya.

Sumber :