MusCab PKS : Regenerasi itu Penting !



Menyongsong kepengurusan baru dalam Musyawarah Cabang (MusCab) Partai Keadilan sejahtera (PKS) DPC Pancoran, isu regenerasi kepengurusan partai adalah hal krusial. Aspek kepengurusan yang harus dimiliki pengurus partai politik meliputi: integritas, rekam jejak, kompetensi serta kapasitas. Isu regenarsi  merupakan hal yang harus terus diperhatikan, karena ini akan sangat menentukan peran PKS kedepannya.

Dalam sebuah organisasi seperti partai politik, unsur kader merupakan unsur utama di luar unsur-unsur lainnya. Dari kaderlah unsur-unsur lain bersandar dan bergerak, maka ketika tidak ada resources berupa kader, maka proses administrasi dalam arti luas atau manajemen khususnya tidak bisa berjalan. Kader merupakan unsur yang harus dijaga ketersediaannya, dalam hal ini ketersediaan dalam kualitas maupun dalam kuantitas. Banyak partai politik yang sebelumnya powerfull tiba-tiba drop dan mati ketika ketersediaan resourcces bernama kader ini tidak terpenuhi. Banyak partai politik mampu bertahan dalam himpitan krisis isu, badai ujian, suhu politik yang tidak bersahabat, atau konspirasi dari pihak luar karena memiliki sistem kaderisasi yang baik. Suatu generasi muncul untuk menghadapi tantangan pada zamannya.

Bukan sesuatu hal yang aneh ada sebuah regenerasi dalam suatu partai politik. Salah satu indikator sehat atau tidaknya suatu partai politik adalah ketika terjadi peralihan generasi/regenerasi kepengurusan partai politik yang mampu menjalankan roda organisasi seperti kondisi sebelumnya, bahkan lebih. "Setiap zaman akan melahirkan generasinya..." kelahiran setiap generasi akan melanjutkan atau sama sekali menggantikan keberadaan generasi sebelumnya. Kaderisasi merupakan suatu usaha yang dirintis untuk mempersiapkan kader-kader penerus dalam suatu proses regenerasi partai politik. Dengan kata lain proses regenerasi merupakan suatu hal yang pasti harus terjadi jika suatu partai politik hendak dipertahankan. Sistem Kaderisasi harus melihat kedepan, terkait posisi -posisi mana yang harus segera diisi dari kekosongan. Regenerasi dan kaderisasi merupakan suatu hal yang wajib dijadikan agenda pertama dan utama. Padanyalah dipertaruhkan masa depan organisasi partai politik.

Oleh karenanya menjadi partai politik jangan takut dan merasa terganggu saat mendengar sebuah kata “regenerasi” khususnya untuk perubahan di tubuh partai politik tersebut karena hal ini merupakan sesuatu yang biasa bagi sebuah organisasi, dan bahkan dapat berkontribusi positif bagi perkembangan organisasi itu sendiri untuk mencapai sebuah kesuksesan.