Pemilihan Umum Internal (PUI) Kuatkan Soliditas Internal PKS di Tingkat Kecamatan



Pemilihan Umum Internal (PUI) yang akan digelar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada minggu, 2 November 2014 besok, akan dapat menguatkan soliditas internal kader di level kecamatan. PUI itu sebenarnya bentuk lain dari konvensi pimpinan tingkat kecamatan. PUI setidaknya memiliki tiga tujuan, yakni mengkonsolidasikan struktur parpol di tingkat Korte sampai Dewan Pengurus Cabang (DPC). Kedua, adalah penguatan wacana untuk persiapan PKS menghadapi even – even politik selanjutnya. Ketiga, upaya penokohan politik kalangan tokoh parpol untuk 'dikenal' dalam lingkungan masyarakat kecamatan.

Berkaitan dengan citra PKS, citra sebenarnya bergantung kepada harapan publik, mengingat selama ini PKS dikenal sebagai partai bersih dan jujur, tetapi sedikit tercoreng dengan kasus yang ditimpakan kepadanya. Untuk memulihkan citra di mata publik, PKS ya harus mampu meyakinkan masyarakat kembali bahwa parpolnya masih bersih dan jujur, misalnya lewat komitmen para BPH dan tokoh yang akan terpilih.

PUI juga mengingatkan bahwa PKS merupakan parpol yang dikenal sistemik atau sistem yang dibangun, bukan parpol yang bergantung dengan personifikasi figur yang dijadikan sebagai tokoh sentralnya. Figur yang terpilih sebagai calon BPH DPC nanti, yang pasti didukung full power oleh mesin partai di tingkat kecamatan.