Ketua DPC PKS Pancoran : Semua Pengurus “Wajib” Merasakan Menyembelih Hewan Qurban



Total hewan qurban  yang dititipkan warga ke PKS ranting – ranting Pancoran dan juga DPC Kecamatan Pancoran pada Idul adha 1435 H kali ini adalah 10 sapi dan 24 ekor kambing.  

Ada 3  Sapi dan 5 ekor kambing yang disembelih di sekre DPC PKS Pancoran. 8 hewan qurban tersebut disembelih oleh para pengurus DPC PKS Pancoran, di antaranya adalah Ketua DPC, Sekum,  Bendahara, ketua Kaderisasi, Bidang pembinaan Umat DPC, Ketua DPRa Durentiga dan lainnya. Sesuai instruksi ketua DPC PKS Pancoran, Furqoni Yudhistira bahwa, “Kali ini, semua BPH dan pengurus wajib ikut merasakan memotong hewan qurban tanpa kecuali.” Ternyata ada juga pengurus yang seumur hidup, baru merasakan memotong hewan qurban, dan Alhamdulillah berhasil. 

Tidak semua orang, apalagi tokoh mampu melakukan prosesi penyembelihan hewan qurban kambing apalagi sapi. Perlu ada sifat berani, sabar, ketenangan serta kelembutan untuk menjadi penyembelih hewan qurban itu. Dari penyembelih hewan qurban juga dapat diambil pelajaran, diantaranya tentang "cinta", penyembelih yang baik dan penuh cinta tentunya faham untuk tidak menyakiti hewan qurban terlalu lama, sehingga dia harus paham betul pisau atau golok mana yang paling tepat untuk menyembelih kambing atau sapi. Kemudian juga ia harus tahu teknik memotong yang benar, perpaduan teknik menyembelih yang tepat, ketajaman pisau  dan penyebutan asma Allah “Bismillahi Allahu Akbar” adalah salah satu adab Islam kepada hewan yang akan disembelih.

Prosesi penyembelihan, pengulitan, pencincangan, pembungkusan sampai pendistribusian di sekre DPC PKS Pancoran, Alhamdulillah sudah selesai jam satu siang. Ini berkat warga dan kader yang bahu membahu bekerjasama menyelesaikan prosesi pemotongan hewan qurban.