Indahnya Subuh Gabungan Kecamatan Pancoran : Muspika, Ulama dan Warga Hadir Semua



Sabtu (18/10),  ratusan jamaah subuh gabungan berkumpul di halaman kantor Kecamatan Pancoran, di jalan Pengadengan Timur II. Mereka bersiap untuk melakukan rangkaian acara subuh gabungan, yang salah satunya agendanya adalah tolabul ilmi (belajar ilmu) dari para ulama. 

Seratusan orang hadir memenuhi shaf tempat duduk yang sudah disiapkan di halaman kantor Kecamatan Pancoran, hadir pula dalam kesempatan ini adalah muspika, yang terdiri dari kapolsek, danramil dan juga camat kecamatan Pancoran, kemudian semua lurah juga hadir, warga serta sejumlah kader PKS juga hadir di sana. Habib Hud, pagi itu menyampaikan nasehat ilmu tentang hadits ketaatan pada Allah, Rasul dan juga Pemimpin. 

Subuh gabungan adalah agenda rutin dua mingguan umat Islam di Kecamatan Pancoran yang sudah berjalan bertahun - tahun,  Kapolsek maupun Camat juga sering datang di acara yang berpindah – pindah tempatnya ini. Bahkan pada saat periode gubernurnya Fauzi Bowo, beliau tidak jarang terlihat hadir di forum subuh gabungan ini. Disana ulama, umat dan umaro bisa berinteraksi secara non formal dan tidak sungkan. Biasanya subuh gabungan, dilaksanakan setiap dua minggu secara bergiliran di berbagai masjid di wilayah Pancoran dengan tujuan untuk mempererat tali silaturrahim serta menambah wawasan ilmu agama. 

Para peserta subuh gabungan adalah jamaah – jamah masjid sekecamatan Pancoran. Sebagian hadirin ada yang shalat berjamaah di masjid asalnya, lalu datang ke masjid ‘tuan rumah’ untuk ikut pengajian. Tidak heran jika setiap subuh gabungan digelar, masjid yang ditempati sebagai tuan rumah selalu dipenuhi jamaah, shalat subuh jadi serasa shalat Jumat. Para penceramahnya pun merupakan dai-dai yang telah dikenal baik oleh masyarakat.

Sejauh ini, subuh gabungan telah memberikan pengaruh yang baik bagi masyarakat. Ukhuwah Islamiyah warga semakin terjalin. Selain itu, masyarakat juga lebih mengenal keberadaan masjid-masjid di sekitar lingkungan mereka. Jadi kesempatan yang sangat baik di dalam forum subuh gabungan ini, dua minggu sekali silaturahim dan ketemu.  Menariknya lagi, subuh gabungan tidak membeda-bedakan asal kelompok, organisasi, maupun partai politik. Yang penting tetap masih dalam satu aqidah Islam, yakni ahlussunnah. Alhamdulillah, selama ini, subuh gabungan selalu berjalan lancar tanpa terhambat perbedaan khilafiyah maupun organisasi.