Sutarmin : Dari Dulu Saya PKS Mas, Bagus Itu !


Kepada petugas  jaring aspirasi, dirinya mengatakan bahwa dari dulu dia memang pilih PKS, dia menilai PKS itu bagus, sering memberi bantuan pada masyarakat. Namanya Sutarmin, laki – laki usia 55 tahun ini berasal dari Wonogiri. Jabatannya sekarang adalah pengurus RT di Cikoko Pancoran Jakarta Selatan. Kader PKS mengobrol lama dengan beliau, karena masih satu kampung dengan kader, si petugas jaring aspirasi.

Ini  membantah survey – survey  yang sering bertujuan membuat framing PKS,  seperti Partai yang tidak disukai dan dijauhi publik. Alhamdulillah kalau di lapangan, masih banyak kita temui warga yang mendukung PKS dan memberi motivasi kepada PKS untuk terus bangkit. Banyak warga yang masih setia dengan PKS menyatakan, mereka tidak begitu peduli dengan elitnya, mereka hanya merasa dekat dengan kader – kader yang berada  di bawah yang selalu membantu dan melayani mereka saat ada ataupun tidak ada kasus. Inline dengan penilaian CSIS, bahwa PKS mempunyai mesin partai yang bekerja maksimal di tingkat kader bawah dan calegnya juga dikenal sering  turun ke masyarakat.

PKS memang sangat luar biasa menggarap masyarakat menengah kebawah. Contohnya di mana ada bencana, bendera PKS yang pertama berkibar. Program – program PKS hadir untuk Masyarakat, seperti kursus / pelatihan singkat, pernikahan masal bagi warga tidak mampu, khitanan masal, bakti sosial, bazaar, advokasi beasiswa dan kesehatan, makan bersama anak yatim, bersih-bersih lingkungan, santunan kepada anak berprestasi, pendampingan UMKM, penanggulangan bencana, semuanya untuk membantu masyarakat. Sehingga ada anggapan, “Ingat baksos, ingat PKS!”. Kader PKS selalu membantu masyarakat apalagi rakyat kecil karena itu adalah hal yang selalu dianjurkan dalam proses pembinaan kader-kader PKS. 

Partai Keadilan Sejahtera menganggap bahwa berpartai merupakan bagian dari amal bakti atau amal pelayanan kepada masyarakat, dengan itu pula maka aktivitas partai tidak dilakukan hanya menjelang pemilu atau pilkada saja namun terus menerus berinteraksi dan berkontribusi kepada masyarakat. Salah satu bidang yang berperan langsung dalam pelayanan kepada masyarakat ini adalah bidang sosial. Bidang ini melakukan berbagai peran-peran sosial terhadap masyarakat. Seperti pelaksanaan bakti sosial, pelayanan kesehatan gratis, pembantu korban bencana, mendorong tumbuhnya perokonomian dan lain-lain.

Sejak awal berdirinya, partai keadilan (PK) memang kerap kali melakukan kegiatan bakti sosial baik berupa menjualan sembako bersubsidi, pengobatan gratis, obral pakaian layak pakai dan lain lain. Kegiatan sosial menjadi kegiatan paling dominan pada awal berdirinya Partai Keadilan. Para kader sangat giat mencari donatur dan bahkan terkadang untuk menambah biaya operasional mereka ambil sendiri dari uang pribadi mereka. Kegiatan bakti sosial yang dilakukan antara lain penjualan sembako bersubsidi, pemeriksaan dan pengobatan gratis, penjualan pakaian layak pakai dan lain lain. Kegiatan bakti sosial bisa dilakukan PKS secara periodik di suatu wilayah tertentu ataupun kegiatan sosial yang berupa penanggulangan bencana.