Apel Siaga Relawan : Tidak Boleh Ada Relawan PKS yang ‘Sukun’

Apel kesiagaan ini digelar mengingat saat ini beberapa wilayah sedang dalam status bencana, seperti bencana banjir, tanah longsor, gunung meletus dan lain sebagainya.

Tercatat 1500-an orang relawan PKS yang terdiri dari Kader dan Simpatisan memenuhi halaman parkir lapangan samping danau Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Sabtu (15/2). Para relawan berbaris rapi menurut plang DPC nya masing – masing, ketua DPC menjadi pemimpin masing – masing barisan.  Mereka kompak mengenakan baju atasan putih, bawahan hitam serta  topi relawan PKS.

Pada apel siaga relawan ini, diserahkan penghargaan kepada posko – posko banjir PKS di Jakarta Selatan yang sampai saat ini masih dan terus beroperasi. Kemudian juga diberikan kepada para relawan mobile PKS yang siap diterjunkan kemanapun dan dimanapun. Ada juga beberapa sambutan, yang pertama sambutan dari tokoh Jakarta Selatan sekaligus ketua fraksi PKS DPR RI, yakni DR. Hidayat Nur Wahid, kemudian sambutan kedua adalah dari instruktur upacara, sekaligus ketua DPD PKS Jakarta Selatan, Drs. Khoirudin.

Yang menarik para relawan adalah motivasi dari Ust. Abdul Muiz, dalam motivasinya beliau mengatakan bahwa, “ Makam Pahlawan  adalah tempat yang pas untuk apel siaga relawan ini, kita diingatkan hari ini agar kita semua seperti mereka, memiliki semangat berjuang seperti  pahlawan – pahlawan yang mengabdi untuk kepentingan masyarakat, agama, bangsa dan Negara.”  Beliau juga mengingatkan kepada semua peserta yang hadir bahwa, “Relawan PKS dilarang menjadi ‘Relawan Sukun’ ,jika ada  dua orang sukun bertemu maka tidak ada kerja di sana,  seperti halnya kalau ada dua huruf sukun bertemu maka tidak bisa dibaca.”  Kemudian beliau juga meminta kepada para pimpinan level apapun agar tidak juga menjadi ‘sukun’ , “Sulit menumbuhkan makna dan sulit membacanya jika huruf pertama saja sudah sukun.”

Relawan PKS insyaAllah siap membantu rakyat dalam menghadapi dan mengatasi bencana, juga melaksanakan koordinasi dengan semua instansi terkait, Relawan PKS juga akan menjalankan tugas kemanusiaan apapun yang dibutuhkan rakyat dengan tulus dan ikhlas. Pada apel siaga relawan PKS ini, juga digelar penggalangan dana atau donasi untuk saudara - saudara kita di yang terkena Bencana Gunung Sinabung maupun Gunung Kelud.

Setelah doa penutup, acara pun selesai, peserta meninggalkan lokasi apel siaga dengan rapi dan tertib menuju sepeda motornya masing – masing untuk selanjutnya sholat di masjid terdekat  dan konvoi pulang menuju wilayahnya masing - masing.