PKS Pengadegan Terus Galakan Posyandu Lansia


Sabtu pagi (14/12), Kader – kader PKS Pengadegan  khususnya RW06 kembali mengadakan salah satu kegiatan rutin andalannya yaitu Posyandu Lansia.  Program ini diadakan sebulan sekali untuk para lansia, yaitu setiap pekan pertama atau kedua tiap bulan. Ketua ranting PKS Pengadegan, Ainul Yakin mengatakan, "Kita ingin tunjukkan bahwa kita telah berbuat sesuatu yang mulia untuk warga di sini. Kita bekerja ikhlas dan semata-mata untuk masyarakat, apapun yang terjadi kami tetap terus melayani."

Acara Posyandu Lansia juga merupakan ajang silaturahim para lansia dengan para kader – kader PKS, khususnya para akhwat.  Kegiatan Lansia kali ini, fokus pada konseling para lansia kepada dokter spesialis. Posyandu Lansia PKS Pengadegan bulan Desember ini, Alhamdulillah dapat dihadiri 35 orang lansia.  Mereka berkonsultasi sepuasnya kepada dokter – dokter yang didatangkan oleh kader – kader PKS.  Selain konseling mereka juga mendapatkan pemeriksaan standard lansia, seperti  cek tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat dan lain – lain.

"Kita tidak mengadopsi nilai barat yang apabila telah tua kemudian dititipkan di panti jompo, kita ini orang timur yang tidak menganut prinsip  habis manis sepah dibuang. Kita harus tahu bahwa lansia perasaanya tinggi,  harus sabar dalam menghadapinya. Mereka kadang tidak mampu lagi bekerja sehingga sangat butuh perhatian dari kita,” Ungkap Bu Tsabta, bidang perempuan PKS Pengadegan.

“Kami juga berharap perhatian pemerintah daerah untuk dapat menyiapkan tempat - tempat Posyandu Lansia yang lebih baik dan lebih luas sehingga bisa memuat lansia lebih banyak di setiap kelurahan,”  tambah kader perempuan PKS yang lain.

Kegiatan Posyandu Lansia ini bertempat di salah satu lokasi PAUD di RW06 Pengadegan.  Tidak hanya lansia ibu-ibu saja yang datang, bapak-bapak yang sudah sepuh pun ikut serta memeriksakan kondisi tubuhnya agar selalu terjaga dari gangguan kesehatan.  Pelayanan kesehatan di Posyandu lansia memang hanya pada Penyakit Tidak Menular (PTM). Penyakit-penyakit seperti jantung atau hipertensi, diabetes, stroke, rematik, asam urat memang menjadi keluhan utama para lansia.

Kita tentu juga akan mengalami masa tua, seperti para lansia itu. Kalau kita tidak mau terlantar di saat usia senja nanti, mari kita jangan terlantarkan mereka di saat usia kita masih muda. Apapun kebaikan yang kita tanam hari ini, insyaAllah kita akan memetiknya dan memanennya di kemudian hari. Apapun yang terjadi tetaplah melayani.