Bulan Kedelapan Kalender Hijriah

Allahuma bariklana fi rajabi wa sya'ban wa balighna ramadhan

"Ya Allah, berkahilah kami dalam bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan”


Bulan Sya'ban (bulan kedelapan dalam sistem penanggalan Hijriyah) adalah bulan yang penuh keutamaan namun sering dilupakan umat Islam karena bulan ini diapit oleh dua bulan utama. Pertama, bulan Rajab yang teristimewa karena pada bulan ini terjadi peristiwa besar Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan kemudian mulailah ada kewajiban melaksanakan shalat lima waktu. Kedua bulan Ramadhan, saat kaum muslimin diwajibkan menjalankan puasa sebulan suntuk dan saat pahala kebaikan dilipatgandakan.


Bulan Rajab, Sya’ban, dan Ramadhan adalah rangkaian bulan-bulan utama yang sejak dulu mendapat perhatian khusus dari para ulama berdasarkan kesimpulan mereka dari berbagai keterangan dalam hadits tentang keutamaan ketiga bulan tersebut. Mereka menjadikan bulan Rajab sebagai persiapan yang sesungguhnya untu menghadapi bulan Ramadhan, sedangkan bulan Sya'ban dijadikan sebagai persiapan akhirnya.

Do’a di atas dimaksudkan agar kita mendapatkan keberkahan dikedua bulan persiapan itu dan juga sebagai permohonan kepada Allah agar kita diberi kesempatan dapat mengalami bulan Ramadhan mendatang. Karenanya do’a itu sebaiknya dibaca setiap hari selama bulan Rajab dan Sya’ban, setidaknya setiap selesai sholat fardhu.