Sesuatu Banget, Bersih – Bersih Mushola Jelang Ramadhan

Sejumlah relawan dari kader PKS Rawajati melakukan aksi bersih-bersih mushola jelang bulan Ramadhan 1436 H.  Mereka membersihkan areal masjid, seperti kamar mandi, tempat wudhu, lantai, langit-langit, dan bagian-bagian masjid yang selama ini kurang diperhatikan. Selain itu mereka juga membersihkan beberapa perlengkapan shalat seperti mukena, sajadah, kain pemisah, keset dan juga karpet.  Mereka juga tidak lupa menambahkan pengharum ruangan.

Umat Islam di Indonesia sangat kaya dengan tempat ibadah (masjid atau mushala). Sayangnya, tempat ibadah tersebut kadang belum terpelihara dengan baik. Karena minimnya perawatan, akibatnya tempat ibadahpun menjadi kotor. Sudah saatnya kita, kaum muslimin peduli dan melakukan perawatan masjid. Bagaimana masjid bisa menjadi makmur dan banyak jamaah jika kondisinya kotor dan tidak bersih. Ketidakbersihan itu terlihat dari toilet, tempat wudhu, karpet, kaca, hingga perlengkapan shalat. Sebuah survei kecil-kecilan pernah dilakukan, hasilnya  80 persen toilet masjid itu dalam kondisi kotor, kurang terawat, keramiknya kotor, sajadahnya tak pernah dicuci dan bau. Gerakan ini adalah bagian dari upaya untuk mengajak masyarakat kembali ke masjid. Jika masjidnya bersih, rapi, dan nyaman, niscaya masyarakat juga senang dan betah di masjid.

Di bulan suci Ramadhan, seluruh masjid maupun mushola akan penuh dengan jamaah yang akan beribadah. Kondisi masjid yang bersih dan nyaman, tentunya akan menambah kekhusyukan jamaah untuk dapat beribadah selama ramadhan.

Kegiatan Bersih – Bersih Mushola (BBM) ini terbukti lebih mendekatkan antara kader – kader PKS dengan masyarakat sekitar karena secara bersama-sama dapat melakukan aksi bersih-bersih mushola demi kenyamanan jemaah selama Ramadhan. Aksi ini mendapat dukungan penuh dari Takmir Masjid dan warga sekitar. Sebenarnya aksi bersih-bersih mushola ini dilakukan oleh kader PKS bukan hanya jelang ramadhan saja. “Sudah selayaknya masjid yang merupakan tempat ibadah kita menjadi tempat yang nyaman dan bersih sehingga membuat siapapun yang beribadah di masjid dapat khusuk dalam beribadah,” tambah Bung Barman yang menjadi koordinator aksi bersih – bersih saat itu.

Semoga kita termasuk hamba Allah SWT yang cinta kebersihan masjid dan mushola. We love Masjid/Mushola !