Ratusan Peserta Karnaval Ramadhan Menanti Doorprize Sepeda


Sekitar dua ratusan peserta Karnaval Ramadhan PKS ranting kelurahan Pancoran, Minggu (14/06) berkumpul di lapangan voli RW04 Pancoran. Acara yang diinisiasi oleh pengurus PKS ranting Pancoran dan bekerjasama dengan guru-guru PAUD, PKK, Karang Taruna, TPA, Remaja Masjid dan elemen masyarakat lainnya.

Sejak pukul 07.30 WIB peserta sudah berkumpul di lokasi. Pada pembukaan karnaval dibacakan sambutan bapak RW dilanjutkan sambutan dari ketua PKS ranting Pancoran, Bung Panji. Karnaval Ramadhan di wilayah kelurahan Pancoran ini, mengambil rute mengelilingi wilayah Pancoran dengan start dan finish di RW04. Menggunakan kostum dan atribut beragam, setiap peserta mengikuti rute karnaval dari awal hingga akhir. Selama perjalanan, para peserta melakukan penyebaran jadual imsakiyah Ramadhan kepada warga. Peserta Karnaval Ramadhan  juga membawa banyak spanduk dan poster yang bertuliskan, “Sebentar lagi menuju Ramadhan, Ayo Perbaiki Diri.”

Setelah sampai finish kemudian panitia mulai membagikan door prize. Bermacam - macam door prize seperti kipas angin, dispenser, blender, rice cooker, tas, sepeda dan masih banyak lagi. Peserta karnaval yang sudah sampai finish tidak mau beranjak dari lokasi sampai usai pengumuman pemenang lomba karnaval dan pembagian door prize. Ketua Panitia Karnaval, Bung Panji berharap acara ini dapat dilaksanakan lagi pada Ramadhan tahun depan. Ia juga menyampaikan, “Mohon maaf lahir dan batin, karena Ramadhan ini bulan saatnya berbenah dan memperbaiki diri.”

Selain bentuk syiar, tujuan kegiatan karnaval ini adalah untuk mengingatkan masyarkat agar melakukan persiapan dalam menyambut bulan suci Ramadhan, diantaranya menjaga diri dari maksiat dan lebih ditingkatkan amalan-amalan ibadahnya. Acara ini juga bertujuan mengajak masyarakat bersuka cita dalam menyambut bulan yang penuh berkah ini. Meski keadaan sulit akibat naiknya harga – harga kebutuhan pokok,  namun masyarakat tidak boleh kehilangan gairah dalam menyambut Ramadhan.  Karnaval  Ramadhan mengajak masyarakat untuk lebih menanamkan kepedulian di bulan Ramadhan, mengulurkan tangan membantu sanak saudara dan tetangga yang kesulitan.