Salam Ramadhan Dari Anak - Anak Kalibata untuk Anak Muslim Sedunia

"Happy Ramadhan ….. " Puluhan anak – anak Kalibata, kecamatan Pancoran dengan semangat menyampaikan salam Happy Ramadhan kepada anak – anak muslim di mana pun berada, khususnya anak – anak Palestina dan Rohingya. 
 
Melatih anak puasa, merupakan pendidikan kepedulian dan keagamaan di dalam lingkup keluarga. Bulan Ramadhan yang dikenal sebagai bulan penuh keutamaan bagi umat Islam di dunia, bisa dijadikan moment yang tepat untuk mengasah kepedulian dan akhlak anak sejak dini. 
 
Kebetulan anak – anak kita tinggal di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah Muslim dan suasananya aman, sehingga bulan Ramadhan akan benar-benar terasa kekhusyu’an umat Islam dalam menjalankan ibadahnya. 
 
Tapi coba bayangkan anak – anak muslim di Palestina, mereka berbuka puasa dengan makanan ala kadarnya dan kadang juga hanya diterangi nyala lilin karena listrik yang tiada. Tidak ada sukacita di bulan suci Ramadhan, mereka tidur di kasur yang berada di lorong-lorong yang ramai ditempati. Anak – anak Palestina lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan tenda pengungsian.  Belum lagi anak – anak Palestina yang berada di penjara, sebuah laporan mengatakan 182 anak-anak Palestina saat ini masih ditahan di penjara-penjara Israel. Dikatakan bahwa 25 dari anak-anak itu berusia antara 14 dan 15 tahun, sementara 157 dari mereka berusia 16-17 tahun. 
 
Demikian juga anak – anak Rohingya, mereka tidak dapat merasakan kegembiraan menyembut bulan Ramadhan. Serta anak – anak di daerah konflik lainnya, tentu mereka belum bisa merasakan kegembiraan jelang puasa Ramadhan. Berbeda dengan anak – anak Indonesia yang jelang Ramadhan dengan leluasa menyelenggarakan pawai Karnaval Ramadhan. 
 
Bulan puasa adalah bulan kepedulian dan juga kesetiakawanan,  anak – anak Kalibata ikut menyuarakan kepada anak – anak muslim Indonesia untuk meningkatkan kesetiakawanan sosial dan kepedulian terhadap anak - anak di Palestina dan Rohingya yang saat ini masih mengalami perikehidupan yang berat.