PKS Mulai Kampanye Zero Waste LifeStyle

Zero Waste itu bebas sampah.  Mulai hari Minggu kemarin (7/6), PKS Pancoran mulai mengkampayekan dan mempraktekan Zero Waste Lifestyle. Gerakan ini dimulai dengan apa yang disebut dengan Zero Waste Event, pendekatan pengurangan sampah pada saat rapat, event kegiatan dan pertemuan – pertemuan besar lainnya. Pencetus awal ide program ini datang dari biro Rumah Keluarga Indonesia (RKI) PKS Pancoran.

Hampir pada setiap rapat atau event – event pertemuan kader menghasilkan sampah yang tidak sedikit. Ada sampah dari bekas botol – botol air mineral, kardus snack, kotak makan, sendok plastik, dan masih banyak lagi yang lain.

Pada Program Zero Waste Event ini, panitia tidak lagi menyediakan botol atau gelas air mineral, juga tidak menyediakan kardus untuk snack. Peserta atau kader membawa sendiri botol air dari rumah, juga tempat snacknya. Nanti peserta tinggal menuang air dengan botolnya dan mengambil snacknya dengan tempat-tempat makanannya sendiri.

Pada awal pelaksanaan program ini, memang masih ada beberapa kader yang lupa membawa botol minuman dan tempat makanan, sehingga tidak bisa minum dan ambil makanan. Namun untuk awal – awal pelaksanaan program ini, panitia masih memakluminya.  Panitia masih menyediakan gelas dan tempat makan dari melamin bagi yang tidak membawa botol dan tempat makan dari rumah.

Bayangkan jika ada seratus kader yang datang, kita bisa menghemat sampah botol atau gelas air mineral minimal seratus buah kemudian kardus atau kotak makanan juga seratus buah. Coba bayangkan lagi kalau aksi ini berlangsung untuk acara rutin bulanan, akan ada sampah seribu dua ratus botol air mineral dan kardus manakan pertahun yang bisa kita hemat, jumlah yang tidak kecil lagi.   

Sudah cukup banyak contoh warga dan komunitas yang mengimplementasikan Zero Waste Lifestyle.  Saatnya kini menularkan ‘virus bebas sampah’ ini pada kader dan menjadikannya lifestyle secara masif.  Alhamdulillah program segera ini mendapat respon, antusiasme serta dukungan yang luar biasa dari semua kader.

Ini sesuai dengan perkataan ketua DPC PKS Pancoran, Bang Rijal bahwa, “Saya optimis dengan program bagus ini karena kader PKS itu partisipatif pada semua hal kebaikan. Dan kita akan jalankan terus ide bagus ini.”

Program ini tidak menekankan pada nilai ekonomis ketika memperbaiki lingkungan. Karena ini dilakukan dalam skala kecil, acara – acara kader saja, jika disamakan dengan rupiah mungkin sangat kecil. Yang terpenting, upaya ini bisa meningkatkan kualitas hidup kader ataupun masyarakat.