Ratusan Pengurus PKS Se-Jaksel Mendapat Pelatihan Manajemen Organisasi

Leadership Forum sesi dua yang diselenggarakan oleh DPD PKS Jakarta Selatan, salah satunya akan membahas tentang manajemen organisasi. Materi ini salah satunya bertujuan untuk menyadarkan kepada para peserta, bahwa orgnisasi tidak bisa dibiarkan berjalan sendiri dengan berbagai kesibukan dan masalah di dalamnya, tetapi harus ada tool yang bisa mengatur semuanya menjadi lebih baik. Salah satu tool yang dibahas pada sesi materi manajemen organisasi adalah POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controll­ing). Materi POAC dalam manajemen organisasi ini disampaikan oleh seorang praktisi manajemen yang sudah banyak makan garam dalam dunia perusahaan, yakni Bapak Suryono.

Ketua DPD PKS Jakarta Selatan, Ust. Khoirudin berharap kepada para peserta untuk betul-betul mengikuti pelatihan ini dengan baik dan sampai selesai.  Materi – materi dalam rangkaian acara Leadership Forum ini, sangat membantu sekali untuk menambah pengetahuan manajemen baik sisi praktis maupun teoritis untuk para pengurus DPC dan DPRa PKS Se-Jakarta Selatan.

Planning, merupakan kegiatan menentukan tujuan, merumuskan keadaan saat ini, mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan, serta mengembangkan rencana-rencana atau serangkaian kegiatan yang memungkinkan tujuan tercapai.

Selanjutnya, Organizing atau pengorganisasian, merupakan proses pembagian kerja dan pengaturan penggunaan sumber daya yang ada dalam organisasi. Dalam proses ini, kegiatan yang dapat dilakukan antara lain menyusun struktur oganisasi, melakukan pembagian tugas secara operasional, hingga memilih dan menetapkan orang dalam jabatan/peran yang sesuai.

Berikutnya, Actuating atau pelaksanaan,adalah langkah dimana apa yang telah dirumuskan dalam tahap perencanaan dan pengorganisasian diimplementasikan atau dipraktekkan secara nyata, yang kemudian juga dilakukan dengan melibatkan tahapan.

ke-empat yaitu Controlling, dimana terdapat pengawasan, pengarahan, pembimbingan, dan lain –lain, agar langkah-langkah yang dilaksanakan dapat terarah dan dapat semakin mendekatkan organisasi pada pencapaian tujuan atau target yang dikehendaki.

Penerapan POAC dalam manajemen organisasi dilakukan agar peran leader dalam mengendalikan, menangani, dan mengelola organisasi semakin terarah dan terstuktur. Selanjutnya adalah melengkapinya dengan keterampilan-keterampilan yang mendukung peran leader tersebut karena manajemen merupakan ilmu sekaligus seni dalam mengelola manusia dan sumber daya yang dimilki organisasi. Sehingga harapannya organisasi tersebut dapat mencapai tujuan yang telah dicanangkannya.