PKS Cikoko Gelar Pelatihan Membuat Hantaran Pengantin Bernilai Ekonomis

  
Pos Wanita Keadilan (Pos WK) PKS Cikoko memberikan pelatihan bagi anggotanya untuk dapat merangkai perlengkapan hantaran pengantin yang bernilai ekonomis. Hantaran pengantin atau yang sering disebut dengan peningset, biasanya terdiri dari seperangkat alat sholat, busana, kosmetik, kain panjang, kain kebaya, perlengkapan mandi dan lain - lain yang dihias sedemikian rupa sehingga tampil cantik dan menarik. Untuk mebuat hantaran pengantin yang indah dan menarik diperlukan banyak latihan dan ketekunan. Dan positifnya lagi, skill membuat hantaran pengantin ini dapat dijadikan sumber penghasilan tambahan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh ketua bidang perempuan PKS Cikoko, Ibu Nunung pada rabu (18/03) di salah satu rumah kader PKS Cikoko. Ibu Nunung mengatakan kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan peserta berasal dari kader PKS Cikoko dan sebagian Ibu – Ibu warga Cikoko. "Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan dan menambah skill kader PKS dan juga sebagian ibu – ibu Cikoko, khususnya dalam merangkai pembuatan hantaran pengantin. Apabila skill terus diasah dan terus berkembang maka insyaAllah akan menghasilkan nilai secara ekonomis bagi kesejahteraan keluarga," katanya. Jadi selain meningkatkan keterampilan dan daya kreatifitas seni, kegiatann ini juga memberikan peluang usaha bagi peningkatan pendapatan rumah tangga.

Usaha ini bisa dilakukan atau dimulai oleh ibu-ibu rumah tangga yang ingin menambah atau membantu penghasilan suami tanpa meninggalkan kewajibannya. Pasalnya, kegiatan ini dapat dilakukan di dalam rumah. Selain itu, pembuatan hantaran pengantin juga tidak membutuhkan dana yang terlalu besar.

Pelatihan yang diadakan oleh Pos WK DPRa PKS Cikoko tersebut sangat mengapresiasi, khususnya  dalam merintis pemberdayaan ekonomi mikro warga mulai tingkat RT/RW. Ini sangat penting dalam upaya mencerdaskan dan memberdayakan warga sejak dini supaya memiliki nilai plus dengan berusaha. Tujuan semua itu tidak lain adalah usaha untuk memberdayakan masyarakat, dan diharapkan lewat kegiatan tersebut bisa tumbuh para wirausahawan muda. 

Ibu - ibu yang telah mengikuti pelatihan pembuatan hantaran pengantin sangat disarankan terus berlatih supaya dapat memacu dan menambah kreativitas dalam membuat hantaran pengantin dengan bentuk yang beragam.

Bagi yang sudah siap menggelar prosesi pernikahan, silahkan pesan hantaran sama ibu - ibu Pos WK DPRa Cikoko ... :)