PKS Jaksel Mulai Gelar Program Leadership Training



Tidak lama lagi kita akan menghadapi berbagai tantangan besar, salah satunya adalah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan diberlakukan mulai Tahun 2015 ini. Kita akan berhadapan dan bersaing dengan orang – orang dengan tingkat manajemen dan leadership yang secara rata – rata di atas kita. Semua komponen bangsa harus bisa mengantisipasi hal ini, tidak terkecuali organisasi partai politik. Oleh karenanya DPD PKS Jakarta Selatan bekerjasama dengan Badan Pengembangan Kepemimpinan DPP PKS mencoba membantu mengatasi kebutuhan akan kemampuan manajemen dan leadership ini.  

Tujuan pelatihan ini adalah agar para kader yang menduduki tugas di struktur, dapat lebih responsif terhadap berbagai perubahan yang terjadi dan dapat memberikan kontribusi yang lebih nyata untuk meningkatkan semangat dan etos kerja dalam memberikan dan melayani masyarakat. Selain itu para leader di struktur diharapkan dapat mengembangkan sinergi antar bidang dan antar komponen dakwah yang lain.

Dengan pelatihan ini, DPD PKS Jakarta Selatan mencoba membantu struktur dibawahnya seperti DPC dan DPRa untuk bisa memanfaatkan leadership guna mendorong hasil yang lebih bermanfaat bagi mereka. Pelatihan leadership PKS ini juga diharapkan membawa dampak bagi individu kader itu sendiri serta tim secara organisasi seperti DPC dan DPRa. DPD PKS Jakarta Selatan selalu berkomitmen mendukung kiprah pengembangan kepemimpinan di level struktur DPC dan DPRa. Secara garis besar, materi dalam program Leader Forum PKS ini meliputi tujuh hal: leadership, pengembangan diri, komunikasi efektif, membuat keputusan, manajemen organisasi, manajemen konflik, serta manajemen pertemuan atau rapat. Output dari pelatihan ini, salah satunya adalah agar kader lebih “melek ilmu pengetahuan”, “melek politik”, serta “melek manajemen.”

Kebutuhan leadership bagi partai politik seperti PKS saat ini dan kedepan haruslah dipersiapkan dari sekarang. Mengingat bahwa perkembangan organisasi sendiri sudah demikian pesat disatu sisi dan lingkungan eksternal pun sudah sangat berubah. Kemampuan seorang leader bagi PKS kedepan adalah kemampuan leader yang memiliki karakter dan keyakinan yang kuat, kemampuan komunikasi yang hebat, memiliki kepercayaan dan dapat dipercaya / amanah / trustworthy serta memiliki kemampuan memandang dan mampu membawa partai kedepan menjadi lebih efektif dan efisien. Keinginan untuk mengantisipasi masa depan dengan mencari leader yang mampu membawa arah yang tepat bagi partai bukanlah impian yang tidak nyata. Akan tetapi juga bukan sebuah pencarian yang tidak ada ujung dan pangkalnya, hal ini tentulah harus disertai dengan usaha dan keyakinan yang besar. 

Salam Leader !