PKS Jaksel Ajak Pengurus DPC DPRa Belajar Manajemen Diri


Para pengurus DPC dan DPRa PKS Se-Jakarta Selatan mendapatkan pelatihan manajemen diri dalam Program Leadhership Forum sesi kedua dari lima sesi yang akan digelar. Untuk materi manajemen diri dibawakan oleh DR. Saiful Bahri.  

Dalam memahami manajemen diri, para pengurus DPC dan DPRa PKS seJaksel diperkenalkan dengan dua pendekatan yang bisa digunakan yakni pendekatan introspeksi dan pendekatan idealisme. Dalam sesi manajemen diri ini, para peserta juga diterangkan tentang cakupan manajemen diri: manajemen potensi, manajemen waktu dan manajemen aktivitas. Rasulullah SAW mengajarkan kepada Abu Umamah ra untuk melawan delapan kelemahan. Kelemahan-kelemahan mindset akan mempengaruhi cara berpikir kita. Karena otak kita tidak bisa menolak sesuatu yang negatif. Jika ada sebuah larangan dengan redaksi: “DILARANG MEMBAYANGKAN SEEKOR UNTA!” maka justru ada seekor unta yang tak bisa diusir dari otak kita. Maka pilihan cerdasnya adalah dengan memperkaya dan memperbarui kosa kata positif setiap hari.

Melalui materi manajemen diri, para pengurus DPC dan DPRa PKS seJaksel diharapkan selalu menyukuri keadaan dan peluang produktivitas yang Allah berikan. Ketika Allah bersumpah dengan waktu, maknanya kita mesti menyukurinya dengan menggunakannya dengan maksimal. Tatkala pagi datang dengan banyak karunia yang bahkan tak kita minta, ini artinya Allah berikan nafas-nafas baru untuk memperbaiki apa – apa yang telah lewat. Hari ini adalah hadiah dari Allah, sesekali saja lihat masa lalu, sesekali saja lihat ke depan. Konsentrasilah pada pagi ini dengan bersyukur.

Materi ini disajikan semakin menarik ketika games – games melatih manajemen diri dilakukan beramai – ramai oleh para peserta. Terakhir peserta diajak menonton sebuah klip video bertema tentang manajemen diri.