Mengasah Kompetensi Leadership Pengurus DPC dan DPRa PKS Melalui Pelatihan

Setiap manusia di dunia ini terlahir sebagai seorang pemimpin. Oleh karenanya, kita wajib berupaya untuk menjadi seorang pemimpin yang baik setidaknya untuk diri kita sendiri. Hal inilah yang membuat DPD PKS Jakarta Selatan akhirnya mengadakan Program Ledership Forum bagi para pengurus BPH DPC (cabang) dan DPRa (ranting) seJakarta Selatan. Program ini sangat penting dan memiliki pengaruh besar bagi seorang pengurus DPC maupun DPRa dalam upaya memperdalam ilmu kepemimpinan serta meningkatkan kualitasnya dalam memimpin suatu organisasi.

Upaya untuk meningkatkan kualitas setiap pengurus DPC maupun DPRa perlu dilakukan, salah satu cara yang efektif adalah dengan mengikuti pelatihan leadership. Banyaknya ilmu pengetahuan dan metode yang diberikan dalam program pelatihan leadership. Hal ini akan memperluas potensi yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Nilai-nilai kepemimpinan diharapkan semakin dikuasai sehingga akan mempermudah para pengurus DPC maupun DPRa untuk menjadi sosok pemimpin yang ideal dan berpikir secara matang serta penuh tanggung jawab. Dengan pelatihan ini, pengurus DPC dan DPRa juga diharapkan lebih siap untuk menjalani tantangan dalam memimpin suatu organisasi yang lebih berat dan kompleks dari sebelumnya. Ketika para pengurus berhasil mengembangkan potensi dari dalam dirinya sebagai pemimpin, maka keuntungannya bukan hanya dirasakan dirinya pribadi. Bangsa, umat dan partai juga akan merasakan perubahan ke arah yang lebih positif berkat peningkatan kualitas kepemimpinan yang kita jalani. Kinerja partai menjadi lebih maksimal dan terarah dengan baik berkat dukungan dan kesiapan para pengurus DPC dan DPRa dalam memimpin.

Pelatihan adalah sesuatu yang kita harapkan dapat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pola pikir setiap para pengurus DPC maupun DPRa. Tekanan kompetitif yang ada saat ini menuntut organisasi untuk mengupgrade para pengurusnya untuk lebih memiliki pengetahuan, ide cemerlang, keterampilan serta kemampuan yang dapat memberikan hasil maksimal. Semua level pengurus harus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, untuk itulah mereka harus dilatih secara berkesinambungan agar dapat memelihara dan memperbaruhi kapasitas dan kapabilitas masing-masing. Seorang leader atau seorang pemimpin adalah seseorang yang mampu menganalisa setiap peristiwa dengan cepat, mampu melihatnya dari berbagai sisi, mampu melihat kemampuan timnya dan cara mengembangkannya dengan tepat serta harus bisa memotivasi timnya untuk bekerja dengan efektif dan efisien.

Pelatihan adalah sebuah proses dimana para pengurus mendapatkan kapabilitas untuk membantu pencapaian tujuan-tujuan organisasional. Karena proses pelatihan leadership ini berkaitan dengan berbagai tujuan organisasional. Dalam pelatihan leadership ini, para pengurus diberikan pengetahuan dan keterampilan yang spesifik dan dapat diidentifikasi untuk digunakan dalam mempermudah dan memperlancar pelaksanaan tugas mereka saat ini atau dimasa yang akan datang.

Pemberian pelatihan juga akan berdampak positif dalam memupuk loyalitas para pengurus terhadap organisasi. Tapi perlu diingat, bahwa pelatihan bukan merupakan satu-satunya jawaban dari pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan kinerja pengurus, namun merupakan bagian dari ”kumpulan pemecahan” yang lebih besar. Kebutuhan akan pelatihan harus dikaitkan pada peningkatan kinerja organisasional.