Pertemuan Awal Leadership Forum PKS Jakarta Selatan Berlangsung Seru


Dihadiri kurang lebih tiga ratusan peserta dari seluruh pengurus DPC dan DPRa seJakarta Selatan, acara Leadership Forum sesi pertama untuk angkatan I sudah selesai dilaksanakan pada hari minggu (8/03). Ini baru sesi pertama, setiap angkatan akan menempuh lima sesi pertemuan, itu artinya masih ada empat pertemuan lanjutan lagi yang harus dilewati oleh masing – masing peserta Leadership Forum. Pertemuan terakhir insyaAllah, peserta akan dibawa ke lokasi alam terbuka (outdoor). Program ini direncanakan baru akan selesai pada awal bulan Mei mendatang. 

Kepemimpinan bukan sesuatu hal yang gratis diciptakan. Kepemimpinan adalah seni melahirkan pemimpin-pemimpin baru, yang dilakukan secara sistematis dan kontinyu. Attitude (kepribadian) adalah modal dasar kepemimpinan, karena kepemimpinan adalah amanah. Kepemimpinan haruslah dipikul oleh orang memiliki attitude baik. Kemudian hal kedua yang harus dimiliki pemimpin adalah experience (pengalaman). Pengalaman adalah  sesuatu yang tidak bisa di beli. Jam terbang dalam berorganisasi menjadi salah satu penentu usia kematangan pemimpinan. Untuk memperkuat dua hal di atas agar kepemimpinan semakin matang, maka diperlukan faktor ketiga yakni skill (ketrampilan). Ketrampilan adalah kebutuhan yang wajib melekat pada pemimpin. Ketrampilan akan memperkuat dan mempertajam nalar pemimpin menjalankan roda organisasi. Ketiga hal itulah yang ingin dicapai dalam program Leadership Forum seperti yang diutarakan dalam sambutan salah satu pengurus harian DPD PKS Jakarta Selatan pada hari minggu (8/03) kemarin.  Attitude (kepribadian), experience (pengalaman) dan skill (ketrampilan), akan terus dan selalu dibutuhkan agar usia kepemimpinan dapat bertahan dalam usia yang panjang. 

Panitia sepertinya sudah menyusun acara dengan baik, sehingga peserta terlihat enjoy menikmati acara demi acara. Pembicara yang dihadirkan pun mampu memicu antusiasme dua arah antara peserta dan pembicara. Beberapa pembicara yang dihadirkan panitia untuk sesi pertama adalah DR. Hidayat Nur Wahid, Triwisaksana, M.Sc,  Fahri Hamzah, serta Ust. Hidayat Rohim. Materi yang disampaiakn pada sesi pertama ini diantaranya adalah Kepempinan Nasional dan Kebangsaan, Peran dan Posisi PKS dalam Perpolitikan Jakarta, Tantangan Politik dan Dakwah Pasca Reformasi, serta Sejarah Dakwah di Indonesia.

Konsultan untuk program ini adalah Badan Pengembangan Kepemimpinan (BangPim) DPP PKS. Pelatihan leadership PKS Jakarta Selatan ini juga diharapkan membawa dampak bagi individu kader itu sendiri serta organisasinya seperti DPC dan DPRa. DPD PKS Jakarta Selatan selalu berkomitmen mendukung kiprah pengembangan kepemimpinan di level struktur DPC dan DPRa. Secara garis besar, keseluruhan materi dalam program Leader Forum PKS ini meliputi tujuh hal: leadership, pengembangan diri, komunikasi efektif, membuat keputusan, manajemen organisasi, manajemen konflik, serta manajemen pertemuan atau rapat. Output dari pelatihan ini diantaranya adalah kader lebih “melek ilmu pengetahuan”, “melek politik”, serta “melek manajemen.”

Kebutuhan leadership bagi partai politik seperti PKS saat ini dan kedepan haruslah dipersiapkan dari sekarang. Mengingat bahwa perkembangan organisasi sendiri sudah demikian pesat di satu sisi dan lingkungan eksternal di sisi yang lain sudah sangat berubah. Kemampuan seorang leader bagi PKS kedepan adalah kemampuan leader yang memiliki karakter dan keyakinan yang kuat, kemampuan komunikasi yang hebat, memiliki kepercayaan dan dapat dipercaya / amanah / trustworthy serta memiliki kemampuan memandang dan mampu membawa partai kedepan menjadi lebih efektif dan efisien. Keinginan untuk mengantisipasi masa depan dengan mencari leader yang mampu membawa arah yang tepat bagi partai bukanlah impian yang tidak nyata. Akan tetapi juga bukan sebuah pencarian yang tidak ada ujung dan pangkalnya, hal ini tentulah harus disertai dengan usaha dan keyakinan yang besar. 

Salam Leader !