Bidang Perempuan PKS Pelopori Pentingnya Keamanan Pangan


Saat ini masyarakat masih perlu disadarkan akan pentingnya kualitas makanan, terutama dari aspek gizi dan keamanan pangan. Keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dan kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lainnya yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia. Saat ini sangat mudah dijumpai bahan tambahan makanan seperti pengawet, pemanis buatan, formalin, boraks dan pewarna sintetis banyak digunakan oleh produsen sebagai bahan tambahan dalam produksi makanan. Lingkup keamanan pangan sebenarnya sangat luas, meliputi berbagai aspek mulai dari proses produksi, pengolahan, penyimpanan, transportasi hingga pangan tersebut sampai ke tangan konsumen. 

Kesadaran masyarakat tentang keamanan pangan, mendorong mereka untuk memilih makanan yang aman untuk dikonsumsi, namun kenyataannya tidak gampang membedakan makanan yang aman dan makanan yang tidak menyehatkan. Kepedulian masyarakat akan makanan aman dan sehat masih rendah, hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya pangan tidak aman yang beredar. Pertumbuhan kesadaran masyarakat akan makanan yang aman dan sehat (halal dan tayyib) harus terus ditingkatkan, halal sudah harus menjadi gaya hidup. 

Menurut laporan World Health Organization (WHO) pada tahun 2007, secara global terjadi 1.5 milyar gangguan kesehatan karena makanan (foodborne disease), 3 juta di antaranya meninggal tiap tahun dengan jumlah yang cenderung meningkat. Sedangkan data pada 2009 menyebutkan, Indonesia masih menjadi 10 negara tertinggi dengan pasien diare yang akhirnya meninggal. Data dari BPOM juga melengkapi pentingnya permasalahan ini, karena ternyata 51% dari outlet HoReKa (hotel, restoran dan kafetaria) tidak memenuhi standar keamanan pangan. 1

Inilah yang juga menjadi concern dari teman – teman bidang perempuan PKS se Kecamatan Pancoran, yang rencannya akan berkumpul mengadakan semacam Training for Trainer (TFT) tentang keamanan pangan ini dengan nara sumber Ibu Diah Sulis. Selanjutnya setelah TFT tersebut, berharap mereka dapat menularkan lagi di komunitas – komunitas dibawahnya. Rabu sore (11/03) tim panitia bidang Perempuan DPC PKS Pancoran mengadakan rapat untuk suksesnya acara TFT pada sabtu mendatang.