News Update :

Pasar ASEMKA = Pasar Pancoran

Rabu, 22 Desember 2010


Pasar Pagi Asemka, surganya bagi pemburu pernak - pernik asesoris maupun mainan anak murah impor asal Cina. Perkara harga, barang-barang di Pasar Asemka memang jauh lebih murah ketimbang di pusat perbelanjaan. Contohnya, ya mobil mainan berpengendali jarak jauh buatan Cina yang baru di toko, harganya Rp 200 ribu sementara Di Asemka hanya Rp 75 ribu.

Kawasan Pasar Asemka juga beken dengan sebutan Pasar Pancoran, selama ini memang dikenal sebagai salah satu surga belanja produk impor asal Cina. Koleksinya terbilang lengkap, mulai dari makanan kecil, manisan, mainan anak, perhiasan imitasi, aksesori, hingga keramik dan barang pecah-belah lainnya. Semua produk itu terserak di ratusan kios yang tersebar di kawasan Jalan Pancoran, Jalan Pintu Kecil, Jalan Petak Sembilan, dan Jalan Petongkangan di Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Kenapa harganya bisa murah? Sebab, rata-rata pedagang di kawasan Pecinan ini tergolong distributor utama yang mengambil barang langsung dari importir. Mayoritas pelanggan mereka adalah pedagang yang membeli barang dalam jumlah besar untuk dijual kembali. Bukan itu saja. Untuk pembelian dalam partai besar atau eceran berlaku harga grosir.

Hampir 95 persen dagangan yang dijajakan berasal dari Cina, sisanya produk lokal. Tetapi Produk lokal seret jalannya, produk asal daratan Tiongkok dinilai lebih kuat dan awet ketimbang produk lokal. Bahkan tak jarang dianggap bisa menyamai buatan Jepang atau Eropa, omzetnya kini rata-rata Rp 5 juta sehari.
Share this Article on :
 

© Copyright PKS DPC Pancoran - Jakarta Selatan | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by PKS DPC Pancoran