Forum Kader : Kaderisasi Kuat, PKS Bisa Jadi Rujukan

Bisakah partai politik berdiri kokoh tanpa melakukan kaderisasi? Tentu saja tidak bisa, itulah jawaban Bung Hatta, salah satu proklamator negeri ini. Bung Hatta juga mengatakan bahwa jika partai politik tidak menjalankan kaderisasi maka anggota partai politik tersebut hanya akan menjadi “pembebek” keinginan pimpinannya. Kebiasaan membebek itu akan mematikan pergerakan bukan memperkuat pergerakan.  “Rakyat disangkanya seperti tikar tempat sapu kaki saja. Cukup disuruh bertepuk tangan ketika sang pemimpin berpidato,” ujar Bung Hatta.

Forum Kader PKS Pancoran yang digelar pada Minggu (22/1) menegaskan bahwa PKS Pancoran harus ikut mendorong agar partainya bisa menjadi rujukan, sebagai partai yang sukses melakukan kaderisasi di internal. Kesuksesan PKS melakukan kaderisasi itu bisa terlihat dengan munculnya kader-kader muda. PKS juga harus terus menjadikan kaderisasi sebagai hal yang pertama dan utama.

Kaderisasi yang kuat sangat berperan dalam hal keberlanjutan eksistensi partai politik. Karena kader lah yang membawa nama partai ke tengah masyarkat. Sedangkan masyarakat akan melihat suatu hal yang terdekat dengan mereka. Maka kaderasasi yang kuat dan mengakar di tengah masyarakat akan dapat menjaga keberlangsungan eksistensi sebuah partai politik. Kader yang kuat juga ditentukan oleh ideologi. Dengan adanya satu ideologi yang diangkat partai, maka semangat kader akan terpantik. Ideologi juga bermanfaat dalam proses kaderisasi partai.

Seorang pengamat politik dari FISIPOL Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Tunjung Laksono, SIP, M.Si pernah mengatakan bahwa kaderisdasi partai politik yang kuat itu ada di PKS, PDIP, dan Golkar. PKS kaderisasinya dengan memulai rekrut dari sekolah, seperti Rohis, KAMMI dan lembaga lainnya. PDIP dengan membawa perjuangan buruhnya, dengan slogan membantu wong cilik (rakyat kecil). Sedangkan Golkar kuat dari banyaknya kader yang memimpin di LSM seperti KNPI, KOSGORO dan LSM lainnya. "Dengan kaderisasi dan posisi kader tersebut, partai akan mendapat tempat di masyarakat," terangnya.