BKO Pancoran Segera Buka Pendaftaran Silat Betawi Cingkrik



Bidang Kepanduan dan Olahraga (BKO) PKS Pancoran, rabu malam (04/2) membahas tentang ekseskusi program – program terdekat, salah satu diantaranya adalah pelestarian budaya silat Betawi, Cingkrik. 

Kota Jakarta memang lekat dengan budaya pencak silat betawinya. Pencak silat telah mewarnai kehidupan masyarakat Betawi, masyarakat Betawi khususnya laki-laki seakan wajib mempelajarinya ilmu silat seiring dengan menimba ilmu agama Islam.

Dulu, hampir di setiap kampung di Betawi terdapat jagoan silat, mereka menjaga kampung dan disegani karena tingkah lakunya yang terpuji. Keberadaan mereka sangat di hormati masyarakat Betawi, terlebih karena dekat dengan ulama dan mengayomi masyarakat.

Saat ini salah satu aliran silat betawi yang khas dan dikenal dengan cukup khas sebagai silat betawi pada umumnya adalah silat Cingkrik. Silat Cingkrik telah masuk ke berbagai pelosok kampung Betawi dan memiliki banyak turunan alirannya. Cingkrik adalah aliran silat yang yang mengandalkan kelenturan dan kecepatan. Aliran silat ini merupakan silat yang murni menggunakan teknik fisik dan tidak ada hitungan satu, dua, tiga seperti bela diri lain, tetapi hanya ada hitungan satu, yaitu ‘lawan sudah harus jatuh’.  Aliran Cingkrik selalu berusaha untuk masuk dan mengunci lawan dengan tidak banyak berlama-lama bertukar pukulan atau tendangan. Keahlian bela diri aliran Cingkrik diidentikan dengan kisah Si Pitung, seorang tokoh jagoan Betawi tempo dulu.

Sudah saatnya, kita yang tinggal di tanah Betawi ini ikut melestarikan budaya yang ada. Saat ini dengan maraknya arus budaya asing masuk ke Indonesia, termasuk budaya bela dirinya maka budaya lokal mulai sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan. PKS sebagai partai yang peduli tentang pewarisan budaya bangsa sendiri, mencoba mengembalikan lagi budaya – budaya lokal yang sudah mulai tergerus zaman ini, diantaranya adalah budaya silat Betawi Cingkrik. Kalau bukan kita, siapa lagi … kalau bukan sekarang kapan lagi. Perubahan itu mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil dan mulai saat ini.  Salam Cingkrik !