Update Direktori Usaha Kader dari Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan DPC PKS Pancoran

Beberapa hari yang lalu, Forum Kader DPC PKS Pancoran melakukan pendataan usaha – usaha ekonomi kader. Hal ini berkaitan dengan rencana program pembuatan direktori usaha kader dari bidang ekonomi dan kewirausahan PKS DPC Pancoran.  Ada dua hal yang mendasarinya, yang pertama DPC PKS Pancoran ingin agar kebutuhan – kebutuhan kader dapat di sediakan oleh kader – kader itu sendiri, sebelum melangkah mencarinya di luar. Kedua adalah berkaitan dengan penyaluran dana bergulir ke beberapa kegiatan usaha kader termasuk juga konsultasi serta pendampingannya. Pada periode kepengurusan sebelumnya, Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan Kader telah menyalurkan dana bantuan bergulir ke lima usaha kader.   

DPC PKS Pancoran ingin mendata bisnis atau usaha yang dimiliki atau dikelola oleh kader PKS Pancoran. Tujuan pendataan ini adalah untuk membangun satu direktori database bisnis atau usaha yang dimiliki atau  dikelola oleh kader. Sehingga ke depannya bisa saling bersinergi satu sama lainnya atau kerjasama bisnis dengan memberikan manfaat ataupun keuntungan bersama yang bertujuan untuk pengembangan dan kesejahteraan sesama kader itu sendiri. 

Pada periode kepengurusan sebelumnya, pinjaman modal disediakan oleh DPC untuk lima kader perempuan yang mempunyai usaha, Alhamdulillah sudah kembali ke DPC seratus persen. Kelima usaha kader tersebut kini Alhamdulillah sudah bertambah maju, sehingga modal pinjaman bisa diputar untuk kader yang lain. Modal tersebut lebih difokuskan untuk modal tambahan untuk kader yang sudah membuka usaha produktif secara mandiri, bukan modal awal untuk membuka usaha. Selain pemberian modal lunak, sejumlah pelatihan, kursus dan juga pendampingan terus diberikan secara gratis kepada kader yang punya usaha. Untuk mempertemukan antara suplai and demand, bidang ekonomi dan kewirausahaan juga secara rutin mengadakan program “market day” untuk seluruh kader.