Rumah Kader PKS Jadi Sentra Finger Painting dan Origami

Salah satu teknik melukis sederhana yang bisa kita ajarkan pada si kecil adalah melukis dengan jari, atau finger painting. Kegiatan melukis akan melatih motorik halus anak serta juga mengembangkan imajinasinya. Para orang tua bisa melakukannya bersama si kecil, sambil mengisi hari libur atau waktu senggang.

Sabtu pagi (3/1), rumah belajar PKS ranting kelurahan Pancoran mengadakan kegiatan workshop bagi anak – anak RW03 Pancoran. Workshop kali ini mengambil tema ‘Finger Painting dan Origami’  bertempat di salah satu rumah kader PKS RW03, Yuli. 

Workshop anak tersebut dihadiri 25 anak – anak dari warga RW03. Untuk finger painting, anak – anak diajari membuat cat warna dari susu kental manis dan pewarna makanan, sehingga aman  untuk anak – anak. Biasanya anak - anak melukis menggunakan tangan dengan bantuan kuas. Nah di finger painting  ini, anak – anak diajari melukis menggunakan jari-tangan tanpa media apapun.

Aktivitas melukis dengan jari tangan memang bersifat eksploratif sehingga sangat baik untuk merangsang seluruh aspek perkembangan anak usia dini. Saat anak menggerakkan jemarinya maka otot-otot motorik halusnya menjadi terlatih.  Imajinasi dan fantasi anak akan berkembang, serta menumbuhkan pemahaman anak tentang terbentuknya warna-warna baru. Sesungguhnya aktivitas melukis dengan jari dapat juga dilakukan oleh anak-anak jenjang sekolah dasar hingga sekolah lanjutan, bahkan orang dewasa. Seperti halnya seniman finger painting sekelas Judith Braun. 

Untuk origami (seni melipat kertas) dibimbing oleh Kak Fatih, salah satu anak kader PKS Pancoran yang memang sudah mahir dalam seni origami. Agenda rutin rumah pintar dan rumah belajar RKI PKS ini telah menyebar di enam kelurahan sekecamatan Pancoran.