PAUD Miliki Peran Penting Bentuk Generasi Mendatang

Peningkatan kualitas Bina Keluarga Balita Pendidikan Anak Usia Dini (BKB PAUD) harus didukung pemerintah baik lewat peningkatan anggaran ataupun standarisasi kurikulum. Mengingat pendidikan pada usia yang dini merupakan investasi yang besar dalam meningkatkan kualitas SDM di negeri ini.

Hal tersebut disampaikan Ir Triwisaksana MSc, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta pada acara pertemuan kepala-kepala sekolah PAUD se-kecamatan Pesanggrahan (11/3). Menurutnya, semakin banyak PAUD yang hadir di tengah masyarakat merupakan anugerah yang besar.

Karena pada usia tersebut, anak-anak berada pada zaman keemasan dalam menyerap dan menerima nilai-nilai yang dari lingkungan. DPRD sendiri, ujar Triwisaksana, akan mendorong peningkatan kualitas PAUD yang ada di tengah masyarakat ini. Dirinya juga sangat menghargai niat tulus dari masyarakat yang sukarela menjadi pengajar PAUD.

“Sekalipun pengajarnya bukan dari lulusan S1, ujar pria yang dipanggil Sani ini, keikhlasan dalam mendidik peserta PAUD merupakan modal yang penting dalam membentuk generasi yang lebih baik,” paparnya dalam rilis yang diterima CyberNews.

Dalam kesempatan pertemuan bulanan yang diselenggarakan di BKB PAUD Melati, kelurahan Petukangan Selatan Kecamatan Pesanggrahan ini muncul kekhawatiran dari para pengajar PAUD tentang keharusan pengajar berpendidikan minimal S1.

Dikhawatirkan jika hal tersebut diwajibkan, akan menyulitkan masyarakat yang kebanyakan hanya berijazah SMA, untuk ikut berpartisipasi menjadi pengajar. Kekhawatiran itu ditepis oleh Triwisaksana yang meyakinkan para pengurus PAUD, bahwa tidak akan ada aturan seperti itu.

Namun demikian, dia akan mendorong peningkatan kualitas pengajar PAUD lewat workshop, kursus ataupun beasiswa. "Bagaimanapun juga, kalau gurunya tambah berkualitas, ilmu yang dibagikan pada anak didiknya juga semakin mantap," tandasnya.