Bang Sani : Memimpin Jakarta butuh Pengalaman dan Integritas Moral


Oleh Triwisaksana (Bang Sani)

Kompleksitas persoalan di Jakarta pada ujungnya bermuara pada persoalan penyakit birokrasi yang kronis. Hal itu terlihat dari sulitnya mewujudkan pelayanan publik yang baik, di tengah kenyataan bahwa Jakarta adalah kota besar tempat berbagai kegiatan pemerintahan, ekonomi, perdagangan, transportasi, dan jasa berskala besar berada di dalamnya.

Sangat sulit menghadirkan tata pemerintahan yang baik di Jakarta jika tidak berani mereformasi birokrasi. Untuk itu, Jakarta harus dipimpin tokoh yang yang memenuhi dua syarat sekaligus, yaitu berpengalaman dan mempunyai integritas moral. Berpengalaman saja tak cukup jika tidak memiliki integritas moral yang kuat. Sebaliknya, bermodalkan integritas moral semata juga tidak memadai karena harus berhadapan dengan mafia birokrasi yang kronis.

Meskipun demikian, reformasi birokrasi tidak identik dengan gusur – menggusur atau main pecat seenaknya. Bagaimanapun birokrasi merupakan salah satu pilar penting guna menghadirkan sistem pelayanan publik yang baik.