Selamat Nurdin : Atasi Macet Butuh Kerja Nyata Bukan Hanya Wacana


Upaya untuk mengatasi macet Jakarta jangan sekedar wacana, harus ada tindakan nyata. Ketua Komisi B DPRD DKI, Selamat Nurdin mengatakan, pembangunan angkutan massal dan penambahan jalan atau perluasan jalan harus dilakukan secara konsisten oleh Pemprov DKI. Terutama program yang sudah tercantum dalam Pola Transportasi Makro (PTM).

“Masyarakat sudah menunggu lama gebrakan dari Pemprov untuk mengurai kemacetan itu. Kajian saya pikir sudah cukup dan sudah dilakukan beberapa tahun silam. Actionnya itu yang dibutuhkan saat ini,” ungkapnya.

Pembangunan angkutan massal yang sudah terprogram harus bisa dijalankan dengan baik dan mendapat dukungan seluruh pihak. Baik saat pembahasan anggaran maupun saat pelaksanaan. Selain membangun angkutan massal, upaya mengurai kemacetan dengan pelebaran jalan atau membangun jalan baru juga harus dilakukan.

Karena tingginya kepadatan lalu lintas belum diimbangi pertumbuhan jalan di Jakarta yang saat ini rasio pertambahannya hanya 0,01 persen per tahunnya. Sementara angka pertumbuhan kendaraan pribadi rata-rata lima tahun terakhir sebanyak 10 persen per tahun. Atau angka pertumbuhan mobil per hari mencapai 240 unit dan sepeda motor sebanyak 890 unit per hari.

sumber : http://beritabatavia.com/berita-5885-atasi-macet-butuh-tindakan-nyata.html