Bang Sani : Mendorong Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat


Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Triwisaksana meminta agar segenap lembaga sosial di Jakarta melakukan pendekatan sebagai pelayan masyarakat dengan melangkah sedekat mungkin mendatangi dan memberdayakan kelompok-kelompok warga masyarakat Jakarta hingga ke komunitas terkecil di masyarakat daerahnya masing-masing.

Hal itu dikemukakan Triwisaksana pada sesi dialog bertajuk Kehadiran Lembaga Sosial dalam Mengatasi Masalah Jakarta. Sambutan itu adalah rangkaian acara Pelatihan Pengelolaan Lembaga Sosial Jakarta, dilakukan selama dua hari, 2-3 April 2011, bertempat di Auditorium Gedung PT Indosat tbk, (3/4) Ahad kemarin.

Lebih lanjut Triwisaksana menguraikan, memberikan sebanyak-banyak manfaat kepada masyarakat luas dalam aktifitas pelayanan seharusnya menjadi kultur yang melekat ditiap lembaga sosial, dan dengan itu dapat memberi kontribusi pembenahan yang signifikan dari waktu ke waktu. Semua lembaga berkomitmen untuk membantu pemerintah lewat program pemberdayaan masyarakat. ”Aktifitas pelayanan harus kompetitif dalam pelayanan yang didalamnya dan ada pula pembinaan sosial yang berkesinambungan.” ujar Triwisaksana.

Dalam kaitan ini, salah seorang peserta pengurus yayasan di Jakarta Selatan, Israyani Rahman mengatakan sebagai mitra pemerintah, yayasan kiranya dapat seefektif mungkin berpartisipasi mewujudkan koordinasi antar lembaga sosial, dan mengoptimalkan kemampuan jaringan dalam mendorong program kesejahteraan masyarakat.

Acara diselenggarakan atas kerjasama Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqoh (LAZIS) PT Indosat, Sarana Kerohanian Islam Indosat (SKI-Indosat) beserta Lembaga Amil Rumah Zakat. Tak kurang dari 150 orang peserta hadir mewakili unsur pengurus lembaganya masing-masing.