Jakarta Kota Termahal Kedua di ASEAN

Jakarta menjadi kota termahal kedua di ASEAN bagi ekspatriat setelah Singapura dalam Survei Biaya Hidup Seluruh Dunia 2008 yang dilakukan Mercer,perusahaan konsultan global untuk masalah sumber daya manusia dan jasa keuangan.
Kendati demikian,secara global peringkat Jakarta turun dari posisi ke-55 pada 2007 menjadi ke-82 tahun ini. ”Kota-kota lain di ASEAN memiliki peringkat di bawah Singapura dan Jakarta,” ujar Pemimpin Bisnis untuk Solusi Produk Informasi Mercer Indonesia Mutiarawaty Thaher di Jakarta kemarin.


Survei Mercer dilakukan terhadap 143 kota di enam benua dan membandingkan 200 jenis biaya di tiap lokasi, termasuk perumahan, transportasi, makanan, pakaian, keperluan rumah tangga,dan hiburan. Mercer menganggap itu merupakan survei biaya hidup terlengkap di dunia dan digunakan untuk membantu perusahaan multinasional dan pemerintah menentukan biaya hidup bagi karyawan ekspatriat mereka.


Berdasar survei tersebut, biaya hidup di Jakarta masih lebih tinggi dibanding Ho Chi Minh City yang menempati peringkat 100, Bangkok 105, Kuala Lumpur 106, dan Manila 110.Menurut Mutiarawaty, mahalnya biaya hidup dapat berdampak pada tingkat daya saing Jakarta sebagai lokasi investasi.”Jakarta mengalami kenaikan harga kebutuhan pokok, pendidikan, dan biaya lain dalam setahun terakhir.Akibatnya, indeks biaya hidup kota ini meningkat,”ungkapnya.