Hari Pelanggan 4 September

Peristiwa historis antara perusahaan dan pelanggan sering terjadi saat hadirnya hari pelanggan setiap tahunnya yang jatuh pada tanggal 4 September. Hari Pelanggan Nasional ini bagi sebagian perusahaan sangat penting karena mereka akan berusaha mengisi sesuatu pada hari tersebut menjadi lebih bermakna. Perusahaan sudah mulai membangun kesadaran akan makna Hari Pelanggan dan kemudian sungguh-sungguh untuk mengisinya.
Walau tampak sederhana, Hari Pelanggan Nasional adalah hari dimana perusahaan merefleksikan diri tentang makna pelanggan bagi mereka. Pada hari ini pula perusahaan benar-benar mempersiapkan organisasinya untuk pelanggan. Mereka berorientasi kepada pelanggan dengan mendengarkan “wish” pelanggan yang disuarakan melalui saluran hot line, free call, toll free yang efektif untuk menampung keluhan pelanggan. Cara sederhana lainnya adalah dengan membuat suggestion box. Ada yang dilengkapi kertas, kuesionair ataupun pena yang disediakan untuk menulis dan dan ada juga yang tidak menyediakannya.
Pada Hari Pelanggan Nasional, banyak perusahaan di Indonesia, baik BUMN maupun perusahaan swasta lebih meningkatkan aspirasinya dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Beberapa CEO menyambut baik Hari Pelanggan Nasional.
Apa yang menjadi “wish” pelanggan diupayakan akan dipenuhi. Kejutan kepada pelanggan umumnya diberikan perusahaan pada Hari Pelanggan Nasional melalui kontak langsung baik melalui telepon atau customer visit. Perusahaan-perusahaan yang membuat langkah-langkah proaktif ini, biasanya merasakan keuntungannya. Keluhan pelanggan dapat ditampung dan mereka memperoleh feed back secara langsung yang sungguh-sungguh berguna.
Dan Hari Pelanggan Nasional ini, masyarakat banyak yang surprise karena memperoleh pelayanan yang ekstra dari sebagian besar perusahaan BUMN maupun swasta. Mereka, para pelanggan yang mengunjungi perusahaan tersebut akan mendapat layanan istimewa dari Para General Manager maupun Manager yang tidak pernah mereka rasakan sebelumnya. Cara ini dilakukan biasanya dibangun dan dipelihara oleh perusahaan yang memang sudah memiliki budaya untuk memuaskan pelanggan.Oleh karena itu, Hari Pelanggan Nasional bermakna sebagai langkah besar untuk menuju perbaikan. Apapun cara yang dilakukan perusahaan tidak akan ada artinya, atau bahkan menjadi lebih buruk, bila perusahaan kemudian tidak merespon dan menyelesaikan keluhan mereka.