RumPin PKS Kalibata Makin Ramai



Rumah Pintar (RumPin) yang berada di bawah naungan RKI bidang perempuan PKS Kalibata, yang sudah beroperasi sejak beberapa bulan yang lalu, kini  setiap pekannya mulai ramai dikunjungi. Rumpin PKS Kalibata terus berupaya merangsang anak-anak di daerah Kalibata agar rajin membaca, melalui penyediaan buku-buku yang cukup menarik. Anak-anak memang perlu diarahkan agar gemar membaca sejak dini, antara lain dengan memberikan buku bacaan yang menarik dan sesuai dengan usianya.

Peran serta PKS dalam mendirikan rumah pintar, akan menciptakan masyarakat yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang lebih luas, sehingga wilayah akan terdorong lebih maju. Rumpin yang dikelola dengan baik mampu menarik minat baca, sehingga tercipta masyarakat gemar membaca. Bagi anak - anak, hal ini diharapkan berdampak positif terhadap pendidikan mereka. 

Pengunjung rumah pintar PKS Kalibata ini, kian pekan kian banyak dan kian bertambah. Setiap pakannya, banyak orang tua  yang mengajak anak-anaknya mengunjungi rumpin (rumah pintar) PKS Kalibata. Saat ini rumpin Kalibata baru memilki satu sentra, yaitu sentra buku. Alhamdulillah setiap pekannya Rumpin PKS Kalibata tidak pernah sepi pengunjung, hal ini membuktikan bahwa tujuan dari diadakannya Rumpin sudah mulai terlaksana. Selain sebagai pusat belajar anak – anak, RumPin juga diharapkan menjadi roda penggerak bagi kemajuan masyarakat.

Jumlah buku yang dibaca oleh masyarakat Indonesia memang masih sangat rendah dibandingkan negara lain. Amerika Serikat, dalam kurun waktu satu tahun, seseorang bisa membaca sepuluh hingga dua puluh buku, di Jepang sepuluh sampai lima belas buku. Sedangkan penduduk di kawasan negara Asean selain Indonesia warganya membaca dua sampai tiga buku dalam kurun waktu satu tahun. Yang sangat miris, di Indonesia warganya rata-rata hanya membaca nol sampai satu buku saja per tahunnya.

Yang terjadi di masyarakat kita saat ini, sebagian besar warganya justru lebih senang menonton infotainment dan memanfaatkan sosial media daripada meluangkan waktu untuk membaca buku. Hal-hal seperti inilah yang harus dihindari, khususnya kalangan generasi muda sehingga bisa membentuk mental yang berkualitas.

Saat minat bacara anak-anak di Indonesia masih minim dan hal tersebut sangat memprihatinkan.  Adanya rumpin yang menyajikan buku bacaan menarik, insyaAllah dapat merangsang minat baca anak - anak.  Kehadiran rumpin di tengah masyarakat Kalibata,  diharapkan akan dapat mengangkat kembali budaya membaca sebagai bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia khususnya di Kalibata.

“Kami akan terus menambah titik-titik rumah pintar di beberapa tempat seperti di wilayah kecamatan Pancoran," ungkap Bu Tsa, ketua RKI DPC PKS Pancoran.