Jangan Buang Kardus Susu, Sumbangkan ke PosWK Terdekat Saja



Ssst, pernah enggak sahabat memanfaatkan kardus bekas susu bubuk? Nah, Pos Wanita Keadilan (Pos WK) DPC PKS Pancoran mau berbagi pengalaman.

Aktivitas ini berawal dari keresahan tim PosWK DPC PKS Pancoran melihat kurangnya kepedulian terhadap masalah sampah kardus. Kardus banyak digunakan untuk melindungi atau mengemas sebuah produk selama distribusi dari produsen sampai ke konsumen. Kardus dibuat dari bahan dasar berupa kertas yang mudah rusak. Meskipun begitu, sampah yang dihasilkan dari kardus tetap saja menimbulkan masalah yang dapat mengganggu keindahan dan kebersihan suatu lingkungan. Sampah kardus sebenarnya dapat dimanfaatkan kembali secara optimal. Kardus yang sudah tidak terpakai lagi dapat di proses kembali dengan cara didaur ulang kemudian dibuat menjadi sebuah kerajinan tangan yang indah. Salah satu contohnya adalah kerajinan tangan berupa dompet cantik yang dibuat dari kardus bekas susu.

Ibu – ibu merupakan makhluk Tuhan yang selalu ingin tampil sempurna. Biasanya untuk tampil dengan sempurna bukan hanya penampilan saja yang diperhatikan, tetapi kadang kala hal-hal lainnya juga selalu tidak luput dari perhatian wanita yakni masalah barang-barang atau perlengkapan yang dipercaya bisa menunjang kesempurnaan dalam berpenampilan, seperti halnya dompet. Walaupun dompet itu selalu disimpan di dalam tas, tetapi tetap saja barang ini selalu menjadi salah satu barang yang tidak pernah diabaikan oleh para wanita. Justru, ada dari beberapa wanita yang rela mengeluarkan kocek yang tidak sedikit demi membeli barang yang satu ini.

Namun, sebenarnya untuk mendapatkan barang yang digunakan untuk menyimpan uang tersebut tidaklah harus membeli dengan harga yang tinggi. Sebenarnya, kita bisa membuat dompet dari bahan-bahan bekas seperti karton bekas susu. Meskipun terdengar sederhana, tetapi dompet ini tidak akan kalah cantik dengan dompet yang biasa dibeli dengan harga yang mahal. Namun, mungkin yang membedakannya dompet sederhana yang dibuat dengan bahan yang sederhana ini, hanaylah soal merk. Tapi percayalah penampilan kita akan tetap sempurna dengan dompet cantik yang sederhana ini.

Memanfaatkan limbah atau sampah yang sudah tidak bermanfaat, serta untuk mengasah kreatifitas dengan membuat kerajinan tangan dari kardus bekas itulah latar belakang program rutin PosWK ini muncul.  Berbagai hasil kerajinan PosWK ini yang memanfaatkan limbah bekas sudah lumayan banyak. Banyak orang tidak mengira, kreasi dompet - dompet cantik ini terbuat dari kardus susu bekas.  PosWK berkreasi membuat kerajinan tangan dengan mamanfaatkan kardus bekas susu. Dompet cantik dari kardus bekas bisa menjadi suatu kerajinan tangan yang berguna dari pada harus melihat tumpukan kardus bekas yang ada disekitar rumah kita.