Ngobrol Kesehatan Setelah Senam Nusantara



  
Warga Kalibata telah rutin menyelenggarakan kegiatan Senam Nusantara setiap minggunya. Kegiatan rutin Senam Nusantara ini digelar untuk membantu menciptakan masyarakat yang menyukai olahraga. Alhamdulillah  .. hingga sekarang, anggota komunitas senam yang tetap sekitar 20-25 orang. Selain anggota tetap, kadang banyak juga warga yang insidental mengikutinya walaupun belum bisa rutin setiap minggu. Insya Allah kedepannya, dengan merasakan manfaat dari senam nusantara ini, anggota tetapnya akan terus bertambah.

Senam nusantara memang terlihat sedikit unik, kalau senam-senam yang lain kebanyakan menggunakan musik disko atau musik pop, senam yang ini menggunakan nyanyian lagu daerah. Gerakannya hampir sama dengan senam - senam lainnya. Di bagian akhir ada semacam senam yang dilakukan secara bersama - sama dengan bergandengan tangan dan juga mengadopsi permainan masa kecil yaitu ‘pok ame – ame’,  unik dan sangat mengasikan.

Bagi  yang awal dan baru mengikutinya, sering tidak menyangka siapa yang menciptakannya. Di antara mereka ada sedikit berkomentar, “Baru tahu gue, ada partai politik yang buat senam segala,  bukannya partai politik itu hanya ngurusi politik di senayan sana?“ Kemudian ditambahkan oleh salah seorang aktivis senam nusantara, “Senam Nusantara ini rutin, ada .. gak ada pemilu atau pilkada, senam ini tetap jalan.”

Setelah acara senam nusantara, dilanjutkan dengan acara ngobrol kesehatan bareng dokter spesialis. Temanya berubah – ubah setiap minggunya, kadang ngobrolin tentang diabetes, asam urat, obesitas, kolesterol, hipertensi dan tema – tema ringan yang lain. Kadang obrolan kesehatan ni ditemani oleh makanan – makanan rakyat, seperti jagung rebus, ubi rebus, kacang rebus, maupun kedelai rebus.

Dua jempol buat para aktivis Senam Nusantara di kelurahan Kalibata kecamatan Pancoran. Semoga tetap konsisten menjaga kebugaran dan kesehatan umat sepanjang waktu.