Syiar Muharram 1433 H : Evaluasi dan Perencanaan Program Tarbiyah Satu Tahun


Tarbiyah dan Harakah yang rapi dan padat telah mengantarkan kita tanpa terasa berada di penghujung tahun 1432 H. Awal tahun lalu kita telah menyusun khuththah (rencana) tarbiyah baik yang berkaitan dengan diri dan keluarga, maupun aktifitas dakwah. Maka trilogi pekerjaan (rencana-aksi-evalausi) yang menjadi salah satu sistem pengelolaan dakwah ini mendapatkan momentum yang tepat untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap capaian-capaian rencana yang telah disusun awal tahun itu. Evaluasi berfungsi pula mengetahui pula faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan serta salah satu bahan untuk merencanakan agenda-agenda tarbiyah setahun ke depan.

Menyambut tahun baru 1433 Hijriyah, Dewan Pimpinan Cabang Partai Keadilan Sejahtera Pancoran menyerukan kepada seluruh kader untuk melakukan evaluasi program tarbiyah setahun lalu, merencanakan aktifitas tarbiyah setahun mendatang, dan memanfaatkannya sebagai bulan konsolidasi ubudiyah, a’iliyah dan da’awiyah, dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut:

1. Murabbi memimpin binaannya mengevaluasi capaian-capaian rencana tarbiyah setahun lalu, untuk dapat mengetahui faktor keberhasilan dan kendalanya pada pekan terakhir bulan Dzulhijjah atau pekan pertama bulan Muharram

2. Menjadikan sepuluh hari pertama bulan Muharram dan ayyamul bidh sebagai titik tolak ibadah dan dakwah dengan :
a. Meningkatkan intensitas berjamaah shalat fardhu ke masjid terdekat, menjaga shalat sunnah rawatib (qabliyah-ba’diyyah), shalat witir dan qiyamullail setiap malam, serta shalat dhuha minimal sepeken tiga kali
b. Berusaha mengkhatamkan tilawah Al Qur’an pada separuh pertama bulan Muharram
c. Memperbanyak dzikir dan doa
d. Melaksanakan puasa Muharram, dengan pilihan
e. Melaksanakan puasa ayyamul bidh (tengah bulan)
f. Memperbanyak sedekah dan infaq kepada kerabat dan tetangga serta orang-orang yang membutuhkan

3. Meningkatkan soliditas, keharmonisan dan kualitas komunikasi keluarga dengan menjadikan momentum tanggal 10 Muharram, sebagai yaumul muwasaat (hari yang menyenangkan), dengan kegiatan-kegiatan keluarga seperti:
a. Rihlah keluarga
b. Memberikan hadiah,
c. Menambah uang belanja,
d. Makan bersama di luar, dll.

Demikian syiar Muharram 1433 Hijriyah ini disampaikan agar menjadi perhatian semua kader, dan kepada para murobbi agar mendorong dan memutabaah terlaksananya syiar ini.

Bidang Kaderisasi Partai Keadilan Sejahtera Pancoran

Zaenul Arief, SE, MM