KaJur (= Kajian Jumat Sore) Ibu - Ibu PKS Pancoran


Kaderisasi DPC PKS pancoran kembali menggelar Kajian Ibu - Ibu dengan Ustadzah. Hj. Intan, Lc dengan materi 'uluwwul himmah (kemauan/obsesi yang tinggi).

Dengan berbusana rapi dan sambil menyandang mushaf Al Qur’an, para ibu - ibu terlihat semangat pergi mengaji tentunya, tidak lupa mereka juga membawa alat tulis.

Setelah MC membuka acara, hidangan dari tuan rumah pun disajikan. Sambil menikmati snack dan teh anget, pemateri menyampaikan materinya tentang 'uluwwul himmah.

Himmah tidak boleh dilihat secara dhohir kerana Himmah adalah masalah yang lahir dari hati dan akal fikiran manusia, bukan masalah amal. Dari segi bahasa Himmah bererti “An Niyyah“ (niat), “Iradah” (kehendak), “Al ‘azimah” (tekad). Dalam makna ini terdapat tiga kata yang berbeza iaitu berupa niat yang sifatnya biasa, kemudian iradah atau kehendak yang kuat lalu dilanjutkan dengan tekad untuk melaksanakan kehendak tersebut.

Seseorang dikatakan memiliki ‘uluwwul Himmah atau Obsesi yang tinggi yaitu ketika seseorang telah menganggap remeh segala perkara-perkara yang ada di bawah cita-citanya. Misalnya seorang Da’i yang bercita-cita untuk menyebarkan agama Allah SWT. Dia dikatakan memiliki Himmah yang tinggi, ketika dia telah menganggap remeh perkara-perkara selainnya, ketika dia tidak memperdulikan apapun tantangan dan pengorbanan yang harus dibayar mahal untuk memenuhi tujuan tersebut.

Diceritakan dalam sebuah riwayat da’wah Rasulullah s.a.w. ketika orang – orang Quraish mendatangi paman Rasulullah s.a.w, iaitu Abu Thalib dan memintanya supaya memujuk Rasulullah s.a.w. agar menghentikan da’wahnya. Setelah Abu Thalib menyampaikan perihal tersebut. Rasulullah s.a.w. berkata : “Wahai pamanku, seandainya mereka meletakkan matahari di tangan kananku dan bulan di tangan kiriku agar aku meninggalkan da’wah ini, aku tidak akan meninggalkannya hingga aku binasa”. Kisah Rasulullah s.a.w. ini menunjukkan tingginya Himmah Rasulullah s.a.w. dalam memperjuangkan agama Allah ini. Baginda telah menganggap remeh semua perkara-perkara yang menghambat da’wah Islamiyah.

Itulah sedikit gambaran materi yang disampaikan mengenai 'uluwwul himmah dalam kajian yang diselenggarakan di sebuah rumah milik Ibu Nana dibilangan komplek DPR RI kelurahan Rawajati pada hari Jumat sore (16/12). Mereka sering menyebutnya dengan istilah tatsqif, dan mereka adalah Ibu - Ibu kader PKS se-kecamatan Pancoran. Menjelang adzan Maghrib acara pun usai, Ibu - ibu kemudian melaksanakan sholat maghrib bersama sebelum pulang menuju rumah masing - masing.