Program Jejaring Pembiayaan Amanah untuk Kader Perempuan


Peningkatan kondisi ekonomi menempatkan kerja dan usaha sebagai syarat utamanya. Karena kerja menunjukkan produktifitas dan produktifitas membuahkan hasil. Hasil tersebutlah yang akan menjadi parameter dari taraf kondisi ekonomi seseorang. Maka dalam konteks pengembangan ekonomi, pertumbuhan ekonomi hanya dapat dicapai dengan memberdayakan para pelaku ekonominya melalui kerja.

Namun sebuah permasalahan muncul. Lapangan kerja formal ternyata tidak cukup luas menampung seluruh pelaku ekonomi yang ada dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Dengan demikian mereka yang tidak memenuhi syarat terpaksa menyingkir dari lapangan pertandingan. Pilihannya kemudian adalah bersabar menjadi pemain pengganti menunggu kalau-kalau nanti ternyata ada giliran, menjadi penonton dan mengharap sedikit bagian atas kemenangan orang lain atau bergegas mencari lapangan yang lain atau menciptakan lapangannya sendiri. Yang terakhir merupakan sebuah pilihan yang paling sulit tapi juga paling menjanjikan.

Bagi mereka para pemberani yang mengambil pilihan ketiga, sebuah gelar istimewa akan disematkan kepada mereka: wirausahawan. Sebuah gelar terhormat bukan saja karena telah disediakan sembilan dari sepuluh pintu syurga untuk mereka tapi juga karena mereka terbukti memiliki kemauan dan kemampuan yang luar biasa. Kemauan dan kemampuan untuk menerima tantangan, bekerja keras, berpikir kreatif, mengoptimalkan kesempatan dan mewujudkan cita-cita. Karena hal ini pula menjadi wirausahawan bukanlah sebuah perkara mudah.

Banyak yang berfikir bahwa aspek permodalan merupakan syarat utama untuk melakukan wirausaha. Namun pada kenyataannya banyak orang yang berkesempatan diberikan bantuan modal gagal memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan itu. Asumsi ini pula yang digunakan banyak lembaga swadaya masyarakat untuk menggulirkan program kredit mikro untuk membantu mereka yang berekonomi lemah untuk naik kelas dengan menjadi pengusaha kecil. Namun asumsi ini juga tidak sepenuhnya terbukti benar karena ternyata tidak semua orang mampu untuk menjadi pengusaha. Alhasil, lembaga ini harus menanggung kerugian karena kredit macet yang bertumpuk.

Modal memang satu hal yang penting untuk memulai sebuah usaha. Namun ada hal lain yang paling mendasar yaitu karakter atau mental berwirausaha. Karena kemampuan bisa diasah, modal bisa diberi tetapi karakter dan mental adalah anugrah yang diberikan Tuhan tidak kepada setiap orang.

Berdasarkan pandangan diatas, kami berpendapat bahwa bantuan permodalan tidaklah bisa diberikan kepada setiap orang. Namun harus ditujukan hanya kepada mereka yang layak, yang memang memiliki karakter dan mental wirausaha, kemauan yang keras dan kemampuan. Karena itu dalam program pemberian permodalan harus memiliki proses penseleksian yang baik dan harus dilakukan secara terus menerus. Selain melakukan penyaringan awal untuk memilih mereka yang memang layak diberikan bantuan modal, program pembiayaan juga harus memiliki fitur yang terus menerus selama periode pembiayaan secara otomatis melakukan proses seleksi atas mereka yang memang memiliki kemampuan berwirausaha sekaligus memberikan kesempatan bagi mereka yang mampu untuk terus berkembang.


Dengan latar belakang inilah kami (bidang ekonomi DPC PKS Pancoran) meluncurkan sebuah program permodalan yang kami sebut “Jejaring Pembiayaan Amanah” sebuah program pembiayaan yang ditujukan untuk memberikan bantuan permodalan yang dilandaskan pada kepercayaan dan memberikan kesempatan berkembang bagi mereka yang benar-benar mau berkembang. Produk ini ditujukan terutama kepada kader perempuan yang memiliki keinginan kuat untuk melakukan usaha rumahan.

Keutamaan produk ini adalah memberikan insentif untuk berkembang bagi mereka, khususnya kader perempuan yang punya kemauan keras untuk berkembang. Kedua adalah tidak melanggar aturan syariah serta terkahir adalah sebagai langkah awal untuk mendorong wirausahawan kecil maju ke tingkatan yang lebih tinggi.

Untuk siklus pertama ini akan dipilih LIMA orang PEMIMPI yang akan memulai MIMPInya untuk mendapatkan keutamaan produk ini.