Leadership Forum DPD PKS Jaksel Membahas Marketing Venus Hingga Mind Mapping


DPD PKS Jakarta Selatan kembali mengadakan kegiatan Leadership Forum bagi para pengurus DPC dan DPRa PKS seJakarta Selatan. Pada pertemuan yang ketiga ini, peserta akan mendapatkan sharing dari para pemateri yang sudah berpengalaman, salah satunya adalah tentang komunikasi efektif.   

Komunikasi terjadi dalam setiap aspek kehidupan manusia, baik sebagai pribadi maupun dalam interaksinya pada sebuah perkumpulan ataupun organisasi. Komunikasi menjadi suatu aspek yang sangat penting, berhasil atau tidaknya sebuah organisasi dalam mencapai tujuan-tujuannya dapat dilihat dari proses komunikasi yang terjadi. Ketika dalam suatu organisasi ditemukan hambatan dalam komunikasi yang baik, maka tidak jarang kemudian terjadi kesalahpahaman yang dapat berujung pada konflik-konflik.

Karakter manusia yang emosional jelas diduduki posisinya oleh wanita, tetapi dalam buku “Marketing Venus” dikatakan bahwa dunia sudah terbalik, kaum pria ternyata sekarang jauh lebih emosional dibanding wanita. Kaum pria sekarang sudah mulai senang ngerumpi maupun chatting, kemampuan komunikasi dan intrapersonal mereka tidak kalah dibanding kaum wanita. Mereka juga berkumpul dalam berbagai komunitas untuk menyalurkan kegiatan ngobrol, membangun networking, relasi serta menyalurkan emosinya. Satu alasan, kenapa mereka mau berlama – lama ngobrol dalam komunitasnya tersebut adalah karena dasar trust antar sesama mereka. Karena perubahan itulah, strategi pola komunikasi yang efektif terhadap kaum pria pun mulai berubah.   

Itu sebagian bahasan komunikasi efektif yang disampaikan oleh pemateri pada pertemuan sesi ketiga Leadership Forum yang diselenggarakan oleh DPD PKS Jaksel pada minggu (4/4). Selain tentang marketing venus, peserta juga melakukan simulasi diantaranya tentang membuat pesan komunikasi yang efektif lewat sms atau whatsapp. Kemudian ada juga games tentang pesan berantai, dan terakhir peserta juga berlatih menggunakan salah satu tool yakni, mind mapping.      

DPC PKS Pancoran mengirimkan utusan 22 peserta pada setiap sesi Leadership Forum ini. Peserta itu terdiri dari BPH DPC, Ketua Bidang Perempuan DPC, BPH DPRa serta Ketua Bidang Perempuan DPRa.