Ozonisasi PKS (Pro Kader Silaturahim)


Oleh Erniwati S.Sos
Ketua Bid. Puan DPC PKS Pancoran

Ozon adalah molekul gas alami yang mudah larut dalam air dan tidak beracun. Di alam, ozon ditemukan di lapisan luar dari atmosfir dan berfungsi sebagai tameng terhadap radiasi ultra violet sinar matahari yang dapat menyebabkan penyakit kanker kulit. Di permukaan bumi ozon dikenali dengan aroma segar antiseptik yang muncul setelah hujan. Ozon-lah yang menimbulkan perasaan santai karena menghirup udara segar dan bersih di sekitar air terjun dan di pantai berombak. Ozon adalah molekul gas yang terdiri dari 3 atom Oksigen dan mempunyai rumus kimia O3. 

Dalam melakukan silahturahim kita juga perlu ozon, perlu O3. O yang pertama adalah Open Heart, membuka hati. Membuka hati kita sebesar mungkin adalah hadiah terbesar yang dapat kita berikan kepada diri kita sendiri dan kepada dunia. Membuka hati kita mempunyai efek penyembuhan luar biasa pada semua tingkat keberadaan diri kita, juga bagi keluarga kita dan lingkungan kita. Semakin kita membiarkan Hati kita terbuka, semakin kita dapat membagikan kasih untuk kedamaian, kebahagiaan dan kasih memancar dari inti hati kita. Kalau kita benar-benar mendengarkan panggilan dari dalam diri kita, kita akan menyadari bahwa hati kita ingin terbuka dan membiarkan cahaya dan kasih melakukan hal-hal yang terindah atas diri kita, keluarga kita dan lingkungan kita. Oleh karena itu kita diminta untuk selalu berdoa agar hati ini dapat terbuka, "Ya Rabb kami, bukakanlah hati di antara kami dan kaum kami dengan haq (Islam) dan Engkaulah sebaik-baiknya Pembuka hati. (Al Qur'an Surat Al-A’raf : 89)

 O yang kedua adalah Open Mind, Perbanyaklah tersenyum, untuk dapat membuka pikiran positif kita maupun lingkungan kita. Suatu hal yang wajar dan alamiah bila orang merasa kesal akan masalah yang sedang dihadapinya. Senyuman merupakan simbol untuk kemajuan, berpikir positif agar membuka pikiran kita. Suatu senyum yang ikhlas dan menceriakan adalah suatu ibadah. Tersenyumlah! karena senyum itu tidak mahal. Senyum terjadi hanya sekejap, tetapi kenangannya kadang berlangsung selamanya. Senyum menciptakan kebahagiaan di sekitar kita. Senyum adalah ketenangan bagi kegelisahan, keceriaan bagi yang kecil hati dan kegembiraan bagi yang sedih. Senyum tidak bisa di beli, karena senyuman adalah sesuatu yang tidak berguna bagi siapapun sampai senyum itu diberikan. Jika kalian harus menemui seseorang yang terlalu letih untuk memberimu senyuman. Berikan satu senyuman yang tulus untuk mereka. Karena tidak ada yang lebih membutuhkan senyuman daripada orang - orang yang tidak mempunyai senyuman lagi untuk deberikan. Sebuah senyuman akan selalu diterima, karena senyuman akan membuka pintu dan hati seperti anak kunci. Berikan setiap senyummu untuk semua orang, karena satu senyuman memberikan keceriaan pada semua orang
 
O yang ketiga adalah Open Hand, artinya selalu siap sedia membantu orang lain dengan ikhlas. Manusia adalah makhluk sosial yang saling perlu dan memerlukan antara satu sama lain. Sejak dilahirkan sehingga akhir hayat, memberi dan menerima pertolongan merupakan dua hal yang biasa bagi seorang manusia yang normal. Menolong orang lain merupakan salah satu cara untuk menjadi bahagia.