Giliran PKS Ranting Pengadegan, Luncurkan Layanan Posyandu Lansia


DPRa PKS Pengadegan, Minggu (17/11) meluncurkan program layanan bantuan kepada warga lanjut usia, di RW06 Kelurahan Pengadegan Kecamatan Pancoran. “Makin bertambahnya usia harapan hidup di Indonesia, membuat jumlah penduduk lanjut usia juga semakin besar,” tutur ketua DPRa Pengadegan, Ainul Yaqin.


Saat ini jumlah lansia sudah mencapai 28 juta jiwa atau sekitar delapan persen dari jumlah penduduk Indonesia dan 1,8 juta di antaranya terlantar. Diperkirakan bahwa akan ada 69,4 juta warga lansia di Indonesia pada tahun 2025, tiga juta di antaranya diperkirakan akan menderita dementia. Penduduk lanjut usia (lansia) di Indonesia pada 2050 diperkirakan akan melonjak hingga mencapai 71,6 juta jiwa, sementara kemampuan pemerintah untuk menangani yang terlantar baru bisa menjangkau sebagian kecil dari jumlah tersebut.


Oleh karenanya perlu ada sebuah gerakan yang peduli terhadap para lanjut usia. Adanya Posyandu Lansia dari PKS di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat menjadi motor penggerak di dalam menangani permasalahan sosial yang dihadapi para warga lanjut usia. Lembaga tersebut diharapkan dapat menjadi jembatan bagi pelaksanaan program yang diberikan pemerintah.


Acara yang digelar sejak pukul 9.00 hingga pukul 11.00 menghadirkan beberapa kader PKS sebagai pemateri yang memberikan penyuluhan kesehatan. Selain penyuluhan, para Lansia juga diminta untuk melakukan pengecekan kesehatan. Selanjutnya untuk pengontrolan kesehatan, mereka akan diberikan semacam kartu lansia yang akan mencatat semua info hasil cek kesehatan para lansia tersebut.