Masjid Al Inabah Pancoran Menjadi yang Terbaik di Jakarta Selatan


Masjid sebagai tempat ibadah, bila dikelola dengan baik ternyata juga mampu difungsikan sebagai organisasi sosial yang bermanfaat untuk umat. Hal inilah yang coba dikembangkan di Masjid Jami Al Inabah, Pancoran, Jakarta Selatan.

Masjid yang awalnya adalah sebuah mushala yang didirikan pada tahun 1946 ini mampu mengelola sebuah organisasi sosial dengan baik. Pada tahun 2007 yang lalu, pengurus masjid ini mendirikan yayasan dengan nama Yayasan Masjid Jami Al Inabah.

Yayasan ini sudah menaungi berbagai bidang, mulai dari pendidikan, sosial, kesehatan, ekonomi, hingga bidang ubudiyah yang mengurusi perihal ritual keagamaan. Di bidang pendidikan, masjid ini efektif menyelenggarakan kursus bahasa Inggris, Arab, kursus komputer, dan kursus seni baca shalawat.

Selain itu, setiap tahunnya, yayasan masjid ini juga rutin mengirim dua orang anak ke pesantren dengan tujuan membentuk calon-calon ulama. Bantuan pendidikan pun senantiasa diberikan, sudah lebih dari 52 orang anak yang mendapatkan bantuan pembayaran SPP.

Yayasan Masjid Jami Al Inabah juga bergerak dalam bidang sosial melalui pemberian bantuan beras kepada para fakir miskin sekitar masjid. Lalu juga ada kegiatan pembinaan para muallaf. Kadang yayasan Al Inabah juga sering membantu Ibnu Sabil (orang yang kehilangan uang) agar bisa pulang kembali ke rumahnya.

Program pengobatan gratis, serta koperasi syariah simpan pinjam juga dilakukan oleh yayasan masjid Al Inabah. Yayasan Masjid Jami Al Inabah juga mempunyai bidang penelitian dan pengembangan yang bertugas memonitor kegiatan bidang-bidang lainnya.
Beragam kegiatan sosial yang dilakukan oleh yayasan masjid ini pun membuahkan hasil. Tahun 2010 mereka berhasil menjadi juara 1 sebagai organisasi sosial terbaik se-Jakarta Selatan. Di tahun sebelumnya pun mereka berhasil menjadi juara 3 organisasi sosial terbaik se-DKI Jakarta. Padahal yayasan ini baru efektif menyelenggerakan kegiatan sosial ini sejak dua tahun lalu. Karena sebelumnya hanya berkonsentrasi pada upaya pembangunan masjid.

Pada saat Ramadhan tiba, berbagai kegiatan pun marak dilakukan, seperti acara buka puasa bersama setiap hari, tadarus setiap malam dan kuliah subuh juga dilakukan sepanjang Ramadan.

sumber : www.detik.com