Aisyah Luthfi Hasan Ishaq, Cantik Kecil yang Hafalan Qur’annya Paling Banyak

Alhamdulillah, pada bulan puasa kali ini bidang pembinaan anak PKS ranting Pengadegan bekerjasama dengan pondok Qur’an anak “Tartila” berhasil menyelenggarakan “Mukhoyam Al Qur’an untuk Anak” selam sepekan pada senin-minggu / 30 Juni - 6 Juli 2014.  Acara tersebut diikuti oleh 20 siswi SD hingga SMP, bertempat di salah satu rumah kader PKS.  

Dalam kegiatan mukhoyam Al Qur'an anak tersebut, anak-anak dibiasakan lebih mendekat  dengan Al Qur'an. Anak – anak dikenalkan mulai dari menghafal dengan gerakan - gerakan sampai game-game tentang ayat-ayat Al Qur'an. Acara mukhoyam Al Qur’an ini saat pas momennya, yaitu liburan sekolah yang bertepatan dengan bulan ramadhan.

Diadakanlah mukhoyam Al-Quran ini, harapannya adalah semoga ketertinggalan bacaan dan hafalan Al Qur’an bisa terkejar, baik ketertinggalan dalam kualitas bacaan maupun kuantitas bacaan.  Sebagin besar agenda hari - harinya adalah berinteraksi dengan Al Qur’an seperti kegiatan menghafal dengan gerakan dengan slogannya yaitu "menghafal semudah terseyum". Anak-anak juga dibiasakan mengerti arti dari surat-surat yang mereka hafalan. Selain itu juga ditambahkan cara - cara menghafal bagi mereka yang sudah mulai besar seperti siswa kelas 4 sampai yang sudah SMP.

Selain sepekan berinteraksi dengan Al Qur’an, peserta juga  mendapatkan bimbingan sholat berjama’ah, tarawih, tahajud, kultum, dan juga acara fun cooking.  Anak – anak  diminta murajaah/ mengulang hafalan yang dibaca setiap sebelum dan sesudah sholat.  Pada malam harinya, kadang diadakan game tentang Al Qur'an, seperti melanjutkan ayat, mengurutkan ayat, sampai tebak surat.  Acara ini mirip sekali dengan acara “Sepekan Bersama Al-Quran”, para pengisi acara Mukhoyam Al-Quran ini berasal dari kakak – kakak PKS bersma Tim Pondok Quran Tartila Pengadegan.

Pada hari terakhir, setelah sahur dan sholat subuh para peserta kembali melakukan murajaah/ mengulang hafalan yang dibaca sesudah sholat.  Kemudian tibalah saatnya kakak – kakak panitia melakukan  mutabaah/evaluasi aktivitas peserta bersama Al Qur’an mereka selama sepekan.  Dari evaluasi kakak panitia, diputuskan beberapa juara,  salah satunya adalah adinda Aisyah Luthfi Hasan Ishaq yang selama sepekan ini hafalan Al Qur’annya paling banyak. Si cantik kecil ini umurnya baru 11 tahun, dan ia adalah anak dari Ustadz Luthfi Hasan Ishak mantan presiden PKS. 

Acara ini tidak hanya diikuti oleh anak – anak kader PKS, tetapi juga anak – anak dari para fungsionaris partai lain. Dan respon dari anak – anak juga cukup senang dengan acara Mukhoyam Al Qur’an ini, termasuk juga tanggapan dari para orang tua.  Ada salah seorang anak dari fungsionaris partai lain yang meminta tahun depan diadakan lagi  dan berjanji akan mengajak teman – temannya yang lain.  

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhori).