SYIAR SHAFAR 1433 H


Musim hujan yang melanda hampir di seluruh wilayah Indonesia sekarang ini tidak membawa berkah yang dirindukan tetapi sering kali disertai dengan berbagai musibah dan bencana yang tak terduga sebelumnya dan menimbulkan berbagai kerugian materi.

Menyikapi hal ini, Bidang Kaderisasi Partai Keadilan Sejahtera Pusat menyerukan kepada seluruh kader untuk senantiasa menjadikannya sebagai ruang Tarbiyah Dzatiyah (Pembinaan diri) sekaligus kesempatan Khidmah Ijtima’iyyah (Pelayanan Publik)

Tarbiyah Dzatiyah dilakukan dalam berbagai betuk kegiatan berikut ini:
1. Meningkatkan pelaksanaan wajibat yaumiyyah (kewajiban harian kader) meliputi: shalat berjamaah di masjid, shalat rawatib, qiyamullail, shalat witir, shalat dhuha, tilawah Al Qur’an, wazhifah pagi dan sore, melaksanakan puasa terutama tiga hari pertengahan bulan (ayyamul bidh, yang jatuh pada: sabtu, ahad, senin; 7,8,9 Januari 2012), memperbanyak infaq dan sedekah.

2. Membiasakan dan mengajarkan doa munasabah musim hujan kepada keluarga dan msayarakat. (teks doa terlampir)

3. Bersama dengan elemen masyarakat lain, membentuk kelompok siaga bencana yang bermarkaz di masjid, mushalla, dan lingkungan setempat; untuk memberdayakan masyarakat dalam menghadapi bencana dan membantu sesama.


Lampiran doa

Doa ketika ada angin ribut
اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا، وَخَيْرَ مَا فِيهَا، وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّ مَا فِيهَا، وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِه
Ya Allah Sesungguhnya saya meminta kepada-Mu, kebaikannya, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang dibawanya. Dan Saya berlindung kepada-Mu dari keburukannya, dan keburukan yang ada di dalamnya dan keburukan yang dibawanya.

Doa ketika ada halilintar
سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ.
Maha Suci Allah yang halilintar membaca tasbih dengan memuji-Nya, begitu juga para malaikat karena Takut kepada-Nya.

Doa ketika turun hujan
«اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا»
Ya Allah turunkan hujan deras yang bermanfaat”

Doa setelah turun hujan
مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِه
Kita diberi hujan karena anugerah dan rahmat Allah

Doa meminta agar hujan berhenti
اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ، وَمَنَابِتِ الشَّجَر
Ya Allah hujanilah di sekitar kami, bukan di atas kami. Ya Allah turunkanlah hujan di datran tinggi, bukit, dan lembah serta tempat-tempat tumbuhnya tanaman