Anak ‘Boedoet’, dari Tawuran Hingga Calon Gubernur DKI


Nama Boedoet sangat identik dengan tradisi tawuran pelajar di Ibu Kota Jakarta, tawuran sempat menjadi budayanya. Bangunan SMAN Boedi Oetomo alias SMA Boedoet di Jalan Budi Utomo awalnya merupakan gedung peninggalan zaman Jepang dengan kondisi gedung yang kuno. Kemudian pada tahun 1946, gedung tersebut mulailah dijadikan SMAN Boedi Oetomo.

SMA Boedi Oetomo (Boedoet) memang dahulu diakui dan dikenal sebagai sekolah yang murid-muridnya jago berkelahi. Meski SMA Boedoet pernah menyandang gelar "jago berkelahi", namun kini sekolah tersebut juga telah berhasil mencetak orang-orang yang terkenal, pejabat di tingkat pemerintahan, maupun para pengusaha sukses. Diantaranya adalah Chairul Tanjung pengusaha suskes pemilik Trans TV, kemudian masih ada nama – nama tenar lain seperti Dina Marianna, Ayu Diah Pasha, Adang Daradjatun, serta Triwisaksana yang saat ini menjadi calon gubernur DKI termuda yang ada. Orang sering menyebutnya dengan panggilan Bang Sani.

Bang Sani atau Triwisaksana lulus dari SMA 1 Budi Utomo pada tahun 1989, kemudian Ia melanjutkan kuliah S1 untuk Jurusan Teknik Elektro di Universitas Trisakti Jakarta dan menyelesaikannya pada tahun 1995. Setelah lulus Triwisaksana mengajar di Universitas Mercu Buana. Tidak puas hanya menyandang gelar S1, ia pun berangkat ke Inggris untuk mendalami studi Teknik Elektro di Birmingham University, Gelar Master of Science pun disandangnya pada tahun 1999.